Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KONI Pusat puji kinerja Bidang IT PB PON XX Papua

Wakil Ketua I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Suwarno – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Pusat, Suwarno mengapresiasi kinerja Bidang Informasi dan Teknologi Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020. Langkah Dinas Komunikasi dan Informatika Papua melibatkan para operator teknologi informasi PON XIX Jawa Barat membuat tim Bidang Informasi dan Teknologi PB PON XX Papua mampu bekerja cepat.

Apresiasi itu disampaikan di sela bimbingan teknis aplikasi PON XX Papua 2020 bagi seluruh operator KONI se-Indonesia yang berlangsung di Jayapura, Papua, pada Selasa (11/2/2020). “Bidang IT yang paling terdepan, apalagi Dinas Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan orang-orang IT yang bekerja pada PON XIX Jawa Barat lalu,” kata Suwarno.

Ia menilai, aplikasi pendaftaran kontingen PON XX Papua 2020 sedikit berbeda dari aplikasi sejenis yang digunakan dalam penyelenggaraan PON sebelumnya. Salah satu perbedaannya, sistem aplikasi PON XX Papua sudah menggunakan data Kartu Tanda Penduduk elektronik yang terkoneksi langsung data kependudukan Kementerian Dalam Negeri.

Suwarno meminta para operator yang KONI provinsi se-Indonesia harus benar-benar memahami sistem aplikasi PON XX Papua. Hal itu penting untuk mencegah permasalahan data kontingen yang terjadi dalam PON XIX  Jawa Barat tidak terulang di Papua.

“[Menjelang] PON Jawa Barat 2016, kami buat bimbingan teknis dan sosialisasi beberapa kali. Saat ditanyai, semua peserta katakan paham dengan aplikasi yang disiapkan. Ternyata, saat pendaftaran ada atlet dari salah satu provinsi yang tidak terdaftar. Jika ada yang tidak pahami silahkan tanyakan. Saya minta setiap peserta bisa ikuti bimbingan teknis itu dari awal sampai akhir,” kata Suwarno.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan sistem aplikasi PON XX yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Papua itu telah berbasis komputasi awan (cloud), serta terintegrasi dengan data kependudukan Kementerian Dalam Negeri.

Loading...
;

Musa’ad juga menegaskan Papua akan siap menjadi tuan rumah PON XX Papua. “Papua sangat siap [menjadi] tuan rumah yang baik dalam penyelenggraan PON XX. Saya imbau kepada peserta agar melaporkan pada pimpinannya di daerah masing-masing, tentang kesiapan yang dilakukan oleh PB PON ujarnya,” kata Musa’ad. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top