Follow our news chanel

Previous
Next

Konjen RI berharap IMAPA-USA menjadi motor penggerak kemajuan Papua

Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen-RI) New York, Arifi Saiman, saat memberikan sambutan mewakili Pemerintah RI di sesi Musorma IMAPA-USA – Jubi/Alfaro Hans
Konjen RI berharap IMAPA-USA menjadi motor penggerak kemajuan Papua 1 i Papua
Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen-RI) New York, Arifi Saiman, saat memberikan sambutan mewakili Pemerintah RI di sesi Musorma IMAPA-USA – Jubi/Alfaro Hans

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Los Angeles, Jubi – Ikatan Mahasiswa Papua United States Of Amerika (IMAPA-USA) sebagai wadah organisasi pelajar dan mahasiswa Papua di Amerika Serikat hendaknya dapat memainkan peran strategis sebagai driving force (motor penggerak) bagi kemajuan Papua.

Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen-RI) New York, Arifi Saiman, mengatakan hal itu di sela-sela Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua yang berlangsung di Sheraton Gateway Hotel Los Angeles California Amerika Serikat, Sabtu (21/12/2019) pagi, sesi Musyawarah Organisasi Mahasiswa (Musorma) Ikatan Mahasiswa Papua United States Of Amerika (IMAPA-USA).

Konjen Arifi mengemukakan Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa dengan latar belakang 714 suku yang berbeda dan 1.100 bahasa daerah dan mendiami 17.000 pulau yang ada di Bumi Nusantara.

Keberagaman bangsa Indonesia ini merupakan sebuah kekuatan untuk menjadikannya sebagai negara yang besar dan maju serta sejahtera.  Tentunya untuk menuju terwujudnya cita-cita tersebut perlu disertai dengan upaya-upaya menjaga persatuan dan kerukunan antar sesama anak bangsa.

“Dalam konteks ini, IMAPA dapat memainkan peran strategis sebagai driving force bagi kemajuan Papua dan bangsa Indonesia,” kata Arifi.

Lebih lanjut dia mengajak semua pelajar dan mahasiswa Papua dan mahasiswa Indonesia yang ada di Amerika untuk bersama-sama berinovasi dan berkarya demi memajukan negara dan bangsa Indonesia.

Loading...
;

“Kami ingin mengajak segenap pelajar dan mahasiswa Papua di seluruh dunia, khususnya di Amerika Serikat bersama-sama dengan saudara-saudara di luar Tanah Papua untuk menatap masa depan yang lebih gemilang. Agar kita dapat mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang sudah lebih dulu maju daripada negara kita,” katanya.

Saat ini, kata Arifi Saiman, kota Los Angeles menjadi tempat dan saksi sejarah bertemu dan berkumpulnya para pelajar dan mahasiswa Papua yang sedang belajar di Amerika Serikat dalam rangka Konferensi Internasional Pemuda dan Cendikiawan Papua pertama (First International Conference of Papuan Youth and Scholars) dan Musorma serta Natal Bersama Keluarga Besar Pelajar dan Mahasiswa Papua.

Pertemuan yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh Papua ini bertujuan memberikan kontribusi pemikiran bagi pembangunan Papua, sekaligus menggali peluang-peluang dan membuka ruang bagi para pelajar dan mahasiswa Papua untuk memperoleh kesempatan bekerja di berbagai sektor.

Anggota DPR-RI, Yan P Mandenas, menyatakan IMAPA-USA bukan hanya wadah berkumpul mahasiswa semata namun hendaknya bisa menjadi organisasi dengan jaringan atau hubungan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi mahasiswa lainnya di Amerika.

“IMAPA-USA bukan hanya wadah bagi mahasiswa asli Papua tetap harus diperluas jaringan dan hubungan kerjanya dengan organisasi kemahasiswaan yang ada di Amerika. Dengan demikian, adik-adik mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak,” ujarnya.

Anggota dewan asal Tanah Papua itu juga mengajak semua mahasiswa Papua untuk giat menimba ilmu, karena tidak semua pelajar dan mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri.

“Kalau ingin menjadi seorang bussinesman maka pilihannya bergabung ke organisasi yang para pengusaha. Kalau ingin berpolitik maka jalurnya partai politik. Masa depan adik-adik, ditentukan kalian sendiri. Belajar dengan giat dan capailah masa depanmu,” kata Mandenas memotivasi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top