HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Konsumsi buah warga Purbalingga lebih rendah dibanding rokok

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Purbalingga, Jubi  – Tingkat konsumsi buah-buahan masyarakat di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah masih rendah. Tingkat konsumsi buah bagi mereka masih dikalahkan oleh kebiasaan merokok.

"Data BPS menyebutkan pengeluaran masyarakat untuk konsumsi buah-buahan pada tahun 2016 rata-rata hanya sebesar Rp 15.433 per kapita per bulan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Lily Purwati di acara Festival Hasil Pertanian, Kamis, (1/11/2018).

Konsumsi buah warga Purbalingga lebih rendah dibanding rokok 1 i Papua

Lily menyebutkan tingkat konsumsi buah itu menurun jika dibandingkan dengan data tahun 2015 yang sudah mencapai Rp 19.610 per kapita per bulan.  “Sementara untuk tingkat konsumsi tembakau oleh masyarakat  mencapai Rp 47.625 per kapita per bulan sedangkan tingkat konsumsi makanan dan minuman jadi mencapai Rp 97.429 per kapita per bulan,” kata Lily menambahkan.

Menurut Lily data itu menunjukan tingkat konsumsi buah-buahan oleh masyarakat lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi tembakau. Apa lagi jika dikoversi menunjukan  pengeluaran masyarakat Purbalingga untuk mengonsumsi buah hanya sekitar 100 gram per kapita per hari.

Angka itu lebih kecil dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasikan sebanyak 400 gram per kapita per hari. Dengan data itu Lily menyatakan Purbalingga sedang  mengkampanyekan makan buah, terutama buah lokal Purbalingga yang kualitas dan jenisnya tidak kalah dengan buah impor.

“Ini perlu digalakkan agar tingkat konsumsi buah-buahan meningkat,” katanya.

Loading...
;

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Purbalingga, Widiono, mengatakan upaya pemerintah mengkampanyekan  konsumsi buah dilakukan dengan Festival Hasil Pertanian. Langklah itu  dinilai sangat cocok mengenalkan produk-produk pertanian unggulan di Kabupaten Purbalingga.

"Kegiatan ini juga bermanfaat untuk menyebarkan informasi teknologi di bidang pertanian kepada masyarakat," kata Widiono.

Ia mengharapkan festival tersebut mampu mengedukasi masyarakat dalam rangka penerapan teknologi pertanian serta menumbuhkan ekonomi kreatif berbasis pertanian. 

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas produk pertanian melalui berbagai program yang sedang berjalan. (*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa