Kopertis XIV dorong 17 Perguruan Tinggi peroleh akreditasi B

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi –Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) XIV wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat mendorong 17 Perguruan Tinggi swasta di Papua dan Papua Barat untuk mendapatkan akreditasi B.

Kepala Kopertis XIV Festus Simbiak mengatakan, memperoleh akreditas B tidak mudah, karena berkaitan dengan pendanaan Perguruan Tinggi bersangkutan. Di antaranya mendorong kualifikasi dosen dengan pendidikan S3 (strata tiga).

“Konon di Papua ini sangat sulit masalah pendanaan, karena kebanyakan mahasiswa yang kuliah juga banyak masalah dalam memenuhi kewajiban mereka, biasanya ada kebijakan dari Perguruan Tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar tanpa melunasi kewajiban mereka,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Menurut Simbiak yang paling penting bagi Perguruan Tinggi bukan akreditasi, melainkan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Tujuan akhirnya bisa tercapai kalau SDM-nya bagus, kemudian fasilitas di dalamnya memenuhi syarat, akreditasi hanya indikator saja, nanti akan menuju ke sana yakni penilaian yang menunjukkan dia baik atau sangat baik," ujarnya.

Ditambahkan, tidak hanya 17 Perguruan Tinggi swasta tersebut yang didorong untuk mendapat akreditasi B, namun seluruh Perguruan Ttinggi swasta di Papua-Papua Barat akan didorong untuk mendapat akreditasi.

Loading...
;

"Tercatat ada 59 Perguruan Tinggi, semuanya akan kita dorong, hanya saja yang sudah dekat mencapai akreditasi B itu baru 17, target kami pada 2020 seluruh Perguruan Tinggi sudah terakreditasi," katanya.

Terkait akreditasi, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Papua, Sabar Iwanggin berharap kasus Akper Yamas bisa menjadi pelajaran bagi PT swasta lainnya.

“Kami pernah menerima laporan dari mahasiswa Akper Yamas, hasilnya Akper Yamas sudah tidak boleh melakukan proses belajar-mengajar karena tidak terakreditasi, ini pelajaran buat yang lain,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top