Follow our news chanel

Kopertis XIV gelar bimbingan teknis untuk dosen PTS

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam mengajar, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) XIV Papua dan Papua Barat menggelar bimbingan teknis (bimtek) Applied Approach (AA) di salah satu hotel di Jayapura, Senin (13/2/2017).

Ketua Kopertis XIV Papua dan Papua Barat Festus Simbiak mengatakan, bimtek dilakukan untuk menambah pemahaman terhadap dosen di Perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Provinsi Papua.

"Bimbingan teknis dilakukan untuk peningkatan mengajar bagi para dosen senior atau lebih dikenal dengan program pekerti pengembangan keterampilan mengajar di Perguruan Tinggi Swasta," katanya.

Festus menambahkan, pelatihan tersebut menekankan upaya menyiapkan atau mengembangkan kompetensi yang dimiliki para dosen agar mereka di dalam kelas benar-benar menjalankan fungsinya, tidak hanya sebagai pengajar tapi juga sebagai tenaga pendidik.

"Materi-materi yang kita berikan tidak semuanya terkait dengan ilmu keguruan mereka, tetapi ada materi-materi yang menyangkut norma dan etika seorang dosen," ujarnya.

Festus berharap setelah pelatihan akan ada perubahan setelah para dosen kembali ke kampus masing-masing.

Loading...
;

"Ini kewajiban kita sebagai Kopertis XIV melakukan pembinaan terhadap perguruan tinggi," ujarnya.

Bimtek dari Kopertis XIV terhadap PT, katanya, menyangkut aspek kelembagaan dan aspek ketenagaan. Aspek kelembagaan menyiapkan program studi atau institusi meningkatkan akreditasi.

"Kalau yang selama ini masih akreditasi C kita mendorong mereka dalam pembinaan kelembagaan supaya mereka bisa mencapai akreditasi B, kalau mereka bisa mencapai akteditasi B itu bagus sekali," katanya.

Dosen STIMIK 10 November Sariati Haibey mengatakan, kegiatan bimtek tersebut sangat membatu dosen menghadapi mahasiswa.

“Kita sebagai dosen juga harus mengetahui bagaimana menghadapi mahasiswa dari berbagai karakter, jadi kita bukan hanya bertugas menjadi pengajar tetapi juga sebagai pendidik yang baik,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top