Follow our news chanel

Korban penembakan yang tewas di Mimika mahasiswa UMN Tangerang Selatan

Jenazah Eden Armando Bebari (19) dan Ronny Wandik (21), dua korban penembakan di Mimika, pada Selasa (14/4/2020) berada di RSUD Timika. - Dok. Patrice Wetipo
Korban penembakan yang tewas di Mimika mahasiswa UMN Tangerang Selatan 1 i Papua
Jenazah Eden Armando Bebari (19) dan Ronny Wandik (21), dua korban penembakan di Mimika, pada Selasa (14/4/2020) berada di RSUD Timika. – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Korban penembakan yang diduga dilakukan oleh aparat keamanan di Kabupaten Mimika, Eden Armando Bebari (19) adalah mahasiswa semester tiga jurusan Teknik Komputer pada Universitas Multimedia Nusantara di Kota Tangerang Selatan, Banten. Keluarga Eden Armando Bebari menegaskan korban adalah warga sipil dan bukan anggota kelompok bersenjata di Papua.

Eden Armando Bebari adalah satu dari dua warga sipil yang tewas dalam penembakan di Kabupaten Mimika pada Senin (13/4/2020). Seorang korban tewas lainnya adalah Ronny Wandik (21).

Ayah korban, Demi Bebari yang dihubungi Jubi pada Selasa (14/4/2020) sore tak kuasa menahan tangis dari balik telepon genggamnya. Bebari menyayangkan beredarnya versi kronologi penembakan yang menyatakan Eden dan Ronny adalah anggota kelompok bersenjata di Mimika, Papua.

“Di situ dijelaskan ada barang bukti ada rokok, ada amunisi, gelang KKB, ada senapan molo, senjata laras panjang. Itu semua tidak benar sama sekali, karena anak ini baru umur 19 tahun. Anak ini sedang kuliah, dia tidak mengerti dengan hal-hal macam begini,” kata Demi Bebari kepada Jubi.

Saat dihubungi Jubi Selasa pukul 15.20 WP, Bebari bersama istrinya telah tiba di Timika, ibukota Kabupaten Mimika, dan dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Timika. Sebelumnya, mereka berangkat dari Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Selasa, menggunakan pesawat milik TNI AU.

Demi Bebari bercerita, sejak pelarangan penerbangan bagi penumpang diterapkan di Papua, ia bersama istrinya sedang di Kabupaten Jayapura. Keluarga ini terpaksa berpisah dengan empat anaknya di Kuamki Lama, Timika. Eden adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ia memiliki dua kakak perempuan dan seorang adik perempuan.

Loading...
;

Demi Bebari menuturkan Eden sebagai seorang anak yang ceria. Ia suka memancing ikan setiap kali pulang dari Tangerang ke Timika kala berlibur. Demi menyebut Eden bersama seorang temannya menjadi korban penembakan pada Senin, saat sedang pergi untuk mencari ikan.

“Dia selalu pergi cari ikan untuk adiknya, saudara-saudaranya di rumah,” kata Bebari dengan suara penggal-penggal.

“Tapi…ternyata apa yang terjadi …. Aparat harus bertanggung jawab dalam kasus itu. Mereka, [Eden dan Rommy] bukan [anggota] kelompok bersenjata. Mereka hanya anak kecil, mereka anak sekolah, anak kuliahan. Hanya dia [Eden] satu-satunya anak laki-laki saya, cuma satu itu …. Semua ini karena pasukan organik yang datang ke sini, seharusnya mereka mengerti [kebiasaan] masyarakat di sini,” katanya, masih sambil menangis.

Bebari mengatakan ia bersama keluarga akan bertemu pimpinan aparat keamanan di Mimika, untuk meminta pertanggung jawaban tindakan anggotanya terhadap putra semata wayangnya. Eben baru akan genap berusia 20 tahun pada 29 Agustus 2020 nanti.

“Saya minta pelakunya ditangkap dan diserahkan ke pengadilan sipil. Saya tidak mau [pelaku diadili] di pengadilan militer. Saya [juga] minta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia melakukan penyelidikan dan penyidikan,” pinta Bebari.

Hingga berita ini diturunkan, Jubi belum berhasil mengkonfirmasi keluarga korban tewas lainnya, Ronny Wandik (21). Saat berita ini diturunkan, jenazah Eden Armando Bebari dan Ronny Wandik masih berada di Rumah Sakit Umum Daerah Timika. Pada Selasa, Jubi telah berupaya menghubungi Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih dan Kepala Kepolisian Resor Mimika untuk mendapatkan konfirmasi, namun belum mendapatkan jawaban.(*)

Jurnalis Jubi, Victor Mambor, turut berkontribusi dalam pemberitaan ini. 

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top