Korupun tak lagi terisolasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Dekai, Jubi – Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah membuka akses jalan dari Dekai ke Korupun pada 15 November 2018.

Bupati Yahukimo, Abock Busup mengatakan, pembukaan akses jalan dari Dekai ke Korupun itu dilakukan karena banyak masyarakat Kimyal yang berjalan kaki untuk menuju Dekai. Bahkan tercatat ada 26 warga yang hanyut di Kali Brasa saat berusaha menyebrang untuk menuju Dekai.

“Di Ibu Kota Dekai ini, banyak masyarakat Kimyal yang berjalan kaki. Dengan pertimbangan ini kami buka jalan ini karena sudah 26 orang meninggal karena hanyut di Kali Brasa saat menyeberang,” kata Bupati Abock.

Walaupun ada lapangan terbang tetapi Pemerintah memilih untuk membangun akses jalan mengingat mayoritas masyarakat Yahukimo tak punya pendapatan tetap. Dikatakan Bupati, akses jalan yang akan dikerjakan yakni sepanjang 25 km dari Dekai menuju Debula Kimyal.

“Kami buka dari Dekai ke pelabuhan Peipera, Dari Dekai Ke Kimyal, Dari Suru-suru ke Silimo, Dari Heraewa ke Sobaham, Tumati ke Anggruk sehingga dalam kepemimpinan saya tahun 2018 ini hingga 2021 ini, lima rute jalan minimal bisa buka sampai 30 Kilo, itu menjadi tujuan kami secara sesungguhnya,” kata Bupati

Busup menjelaskan, anggaran yang diterima adalah sebagian dari Pemerintah Provinsi Papua dan ada pula dari Pemerintah Pusat. Sehingga Pemerintah dan hak ulayat juga telah melaksanakan pelepasan tanah adat. Serta masyarakat diminta untuk menjaga keselamatan dan partisipasi selama pekerjaan berlangsung.(*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top