HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kota Jayapura kembangkan padi jenis Ciherang

Pemerintah Kota Jayapura saat melakukan panen padi di Koya Barat, Distrik Muara Tami – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo, mengatakan sejak 2018 sudah mengembangkan padi jenis Ciherang karena bisa beradaptasi dengan kondisi iklim di Kota Jayapura.

“Kami sudah beberapa kali menanam menggunakan bibit padi jenis Ciherang, hasilnya sangat bagus,” kata Rollo di Kantor Wali Kota, Senin (30/12/19).

Dikatakan Rollo, selain ditanam, benih pokok padi Ciherang sudah ditangkarkan di petani setempat sebanyak 2 sampai 3 kali untuk menghasilkan benih sebar atau benih baru.

“Benih pokoknya kami ambil dari Merauke. Ketersediaan benih untuk satu musim tanam sebanyak 12.500 kilogramย untuk 550 hektar,” ujar Rollo.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan 70 persen lahan pertanian jangan sampai beralih fungsi menjadi lahan perumahan karena berdampak pada ketersediaan pangan.

Menurutnya, lahan pertanian jangan sampai diperjualbelikan karena lahan pertanian untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan petani.

Loading...
;

“Harus dipertahankan karena itu menunjukkan bahwa lahan pertanian di Kota Jayapura terbesar kedua setelah Kabupaten Merauke,” jelas Wali Kota Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga  Berbudi daya untuk melestarikan anggrek alam

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa