Follow our news chanel

Previous
Next

Kota Sorong ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional

Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Kota Sorong, bandara termegah di Tanah Papua, salah satu pintu masuk dan pendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua Barat – Jubi/YouTube
Kota Sorong ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional 1 i Papua
Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Kota Sorong, bandara termegah di Tanah Papua, salah satu pintu masuk dan pendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua Barat – Jubi/YouTube

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi – Kota Sorong, Provinsi Papua Barat telah ditetapkan dalam tata ruang wilayah nasional oleh pemerintah pusat sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Asisten 1 Setda Kota Sorong, Rahman, di Sorong, Selasa (7/1/2020), mengatakan meskipun bukan Ibu Kota Provinsi Papua Barat namun Kota Sorong ditetapkan dalam tata ruang wilayah nasional sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Dia mengatakan letak Kota Sorong sangat strategis, baik laut maupun udara dan sebagai pintu gerbang masuk ke Tanah Papua karena distribusi barang maupun orang dari luar Papua semua melalui Kota Sorong.

Menurut dia, Kota Sorong memiliki Bandara Domine Eduard Osok, yang merupakan bandara termegah di seluruh Tanah Papua. Selain itu, pelabuhan tol laut yang terus dikembangkan menjadi pelabuhan yang strategis untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia menyampaikan bahwa Kota Sorong tidak memiliki sumber daya alam (SDA) dan hanya mengandalkan sektor jasa sebagai pendapatan daerah untuk menunjang program pembangunan.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Sorong telah mencapai 9,6 persen jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab itu, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Kota Sorong sebagai pusat pertumbuhan perekonomian Indonesia Timur,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakannya bahwa bandara di Sorong memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Kota Sorong. Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau,  bercita-cita menjadikan bandara Sorong tersebut sebagai bandara embarkasi haji di Timur Indonesia.

“Semua keberhasilan pembangunan di Kota Sorong tak terlepas dari dukungan semua pihak terutama masyarakat dan aparat keamanan yang menjamin Sorong tetap aman,” demikian Rahman. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top