Follow our news chanel

Kotak suara dijaga polisi, BRC bersiap hitung hasil referendum Bougainville

Kotak-kotak surat suara pemilihan referendum Bougainville sudah mulai dikembalikan ke pusat di Buka, di bawah penjagaan polisi 24 jam. - Post-Courier
Kotak suara dijaga polisi, BRC bersiap hitung hasil referendum Bougainville 1 i Papua
Kotak-kotak surat suara pemilihan referendum Bougainville sudah mulai dikembalikan ke pusat di Buka, di bawah penjagaan polisi 24 jam. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Lebih dari 200 staf yang bertugas melakukan penghitungan surat suara referendum kini sedang menjalani pelatihan untuk bersiap-siap melakukan tugasnya akhir pekan ini, karena pemungutan suara mulai sepi dan kotak-kotak suara sudah mulai dikembalikan ke pusat di Buka. Saat ini kotak-kotak itu disimpan dalam tiga kontainer pengiriman yang dikunci, di bawah penjagaan polisi 24 jam.

Komisi referendum Bougainville (BRC) telah mengumumkan penyelesaian pemungutan suara di semua 829 lokasi, sementara tiga TPS pusat regional yang sebelumnya masih buka juga telah ditutup Selasa ini, 3 Desember, pukul 6 sore.

Pada Sabtu lalu (30/11/2019), Kepala petugas referendum Mauricio Claudio berkata bahwa proses pemungutan suara untuk referendum Bougainville telah selesai di semua lokasi termasuk di semua atol, dan hanya beberapa pemilih yang masih mengunjungi TPS regional.

“Hari ini hanya ada 30 pemilih yang datang ke TPS di Taman Bel Isi, dan hanya tujuh di Arawa. Waktu untuk menutup TPS sudah tiba, dan kita tidak ingin mengambil risiko orang-orang yang tanda tintanya mulai memudar memilih untuk kedua kalinya, “ kata Claudio.

“Tidak ada tinta pemilih dalam pemilu di dunia yang bisa bertahan selama dua minggu penuh, dan sudah jelas bahwa semua orang sudah keluar untuk memilih lebih awal. Sekarang sudah waktunya untuk menutup TPS dan melanjutkan pekerjaan dengan mengangkut kotak-kotak suara dengan aman dan terlindungi kembali ke Buka. Kita meminta semua pemilih detik-detik terakhir untuk pergi ke TPS pusat regional mereka di Arawa, Buin, atau Buka, pada pukul 6 besok sore (4/12/2019). Setelah ini tidak akan ada lagi pemungutan suara.”

Namun, berdasarkan peraturan, pemberian suara melalui pos masih dapat diterima oleh BRC hingga Sabtu 7 Desember, pukul 6 sore. Pemungutan suara melalui pos, pertama kalinya diberlakukan dalam proses pemilu di Papua Nugini, hanya diterapkan oleh 316 pemilih.

Loading...
;

Rabu dan Kamis ini, tim BRC lainnya akan kembali dari Nissan dan Nuguria/Carteret, serta dengan resmi merampungkan pemilihan referendum di atol-atol itu.

Di Port Moresby, semua kertas dan kotak suara akan disimpan dengan aman sampai diterbangkan ke Buka melalui transportasi udara dengan pengawalan polisi. (Post-Courier)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top