Follow our news chanel

Previous
Next

Kotak suara referendum Bougainville diperiksa sebelum dimulai penghitungan

Pengamat, petugas pemeriksa, dan media menerima pengarahan terakhir tentang proses pemeriksaan. - PINA/BRC
Kotak suara referendum Bougainville diperiksa sebelum dimulai penghitungan 1 i Papua
Pengamat, petugas pemeriksa, dan media menerima pengarahan terakhir tentang proses pemeriksaan. – PINA/BRC

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Komisi referendum Bougainville (BRC) memulai proses pemeriksaan setelah pukul 18:00 malam, Sabtu (7/12/2019) – langkah terakhir dari referendum Bougainville sebelum hasil akhir diumumkan.

Semua kotak dan surat suara telah diterima, diverifikasi, dan didaftarkan di Pusat Penghitungan Suara BRC, dengan pengecualian satu kotak suara pos di Buka yang akan disegel dan diangkut ke Pusat Penghitungan Suara, segera setelah semua pemungutan suara resmi berakhir Sabtu.

Sabtu pagi kemarin hampir 100 orang pengamat, petugas pemeriksa, dan media menerima pengarahan terakhir tentang proses pemeriksaan, agar semuanya tahu dengan jelas peran dan tanggung jawab mereka dalam memastikan proses tersebut tetap transparan dan kredibel.

Salah satu pejabat BRC, Mauricio Claudio, mengucapkan selamat kepada semua orang karena menjaga situasi dan keterlibatan mereka dalam proses itu tetap damai. “Kita ada di momen menjelang langkah terakhir dari proses referendum – pemeriksaan surat suara. BRC sudah siap, staf kita terlatih dan siap untuk melakukan pekerjaan mereka dengan akurat dan transparan,” tegas Claudio.

Komisi BRC sebelumnya telah sepakat bahwa mereka hanya akan membuat satu pengumuman hasil akhir pemungutan suara referendum setelah selesai, mereka tidak akan merilis progressive count.

“Kita akan menyelesaikan tahap akhir ini secepat mungkin, tetapi juga perlahan untuk memastikan semuanya dilakukan berdasarkan peraturan yang berlaku, dan memungkinkan pemeriksaan dari para pengamat, pemeriksa, dan media.”

Loading...
;

Mulai Sabtu pukul 6 sore, Pusat Penghitungan Suara akan bekerja 24/7, dimana staf akan bekerja dalam tiga shift, delapan jam setiap shift.

Selama beberapa hari ke depan, 249 kotak suara akan dibuka. “Setelah kita benar-benar yakin bahwa kita sudah memiliki dan verifikasi jumlah akhir surat suara yang digunakan, tidak digunakan, dan rusak dengan benar, baru kita akan menggabungkan semua surat suara dan penghitungan dimulai.” (Bougainville Referendum Commission/ PINA)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top