Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kotawaringin Timur mulai distribusikan kartu identitas anak

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sampit, Jubi – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mulai mendistribusian Kartu Identitas Anak (KIA) kepada ribuan anak, khususnya bagi anak-anak yang ada di Sampit sebagai penerima perdana.

" Kartu ini penting untuk meningkatkan pelayanan hak sipil anak dan meningkatkan kesejahteraan anak untuk mencapai Kotawaringin Timur menjadi daerah layak anak," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri saat peluncuran KIA di Sampit, Kamis ( 16/3).

Peluncuran KIA ditandai dengan penyerahan KIA oleh Taufiq kepada siswa perwakilan Taman Kanak-Kanak, SD dan SMP di Sampit. Saat ini baru beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah yang mulai menerbitkan KIA.

Selama ini anak berusia kurang dari 17 tahun atau belum menikah, belum ada memiliki kartu identitas. Untuk itulah pemerintah membuat KIA untuk memberikan dan menjanin hak anak, tanpa dipungut biaya.

Manfaat KIA sebagai tanda pengenal atau bukti diri, persyaratan pendaftaran sekolah, transaksi bank dan Pos Indonesia, layanan kesehatan, pembuatan dokumen keimigrasian seperti paspor, pengurusan klaim santunan, mencegah perdagangan anak dan berbagai keperluan lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur, Marjuki mengatakan untuk tahap awal ini disiapkan 40.000 keping KIA. Saat ini jumlah pemohon sudah mencapai 14.965 anak dan jumlah KIA yang sudah dicetak sebanyak 4.160 keping.

Loading...
;

"Setiap hari rata-rata kami mencetak 260 keping KIA. Akhir Maret ditarget jadi 10.000 keping. Stok 40.000 KIA itu kami perkirakan habis dicetak pada Juli nanti," kata Marjuki.

Saat ini ada 148.000 anak di Kotawaringin Timur, termasuk 130.000 anak yang masuk kategori penerima KIA, yakni usia nol hingga 16 tahun. Mulai 2018 nanti, pengurusan akta kelahiran anak akan sekaligus dengan pembuatan KIA.(*)

 

 

 

 

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top