HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

KPH Kota Jayapura imbau masyarakat tak bakar lahan

Hutan di Waena yang terbakar yang diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal – Jubi/Piter Lokon
Hutan di Waena yang terbakar yang diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kesatuan Pengelolaan Hutan Papua (KPHP) Kota Jayapura, mengimbau masyarakat setempat tidak membakar hutan dengan tujuan untuk membuka lahan perkebunan atau pun proyek tertentu.

Ini dikatakan karena sejak kemarin hingga hari ini, terjadi pembakaran di tiga lokasi yakni Apeo, Nafri dan Waena.

“Kami imbau agar tidak membakar hutan karena cuaca sekarang lagi panas (kemarau), dan menghindari kebakaran yang meluas. Masyarakat diimbau mari kita jaga hutan,” kata Jefri Unenor, Kepala Seksi Perencanaan dan pemanfaatan Hutan pada KPHP Kota Jayapura,  ketika ditemui Jubi di lokasi kebakaran hutan Bukit Expo-Buper di Waena, Jayapura, Rabu (29/01/2020) malam.

Hutan di Waena yang terbakar yang diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal – Jubi/Piter Lokon

Ia mempertegas hal ini karena cuaca ekstrim dan perubahan iklim sudah terjadi akibat pembakaran lahan dan hutan. Contohnya saja di Australia beberapa waktu lalu dan Kalimantan serta Sumatera pada tahun lalu. Pembakaran lahan disengaja ini bisa membahayakan masyarakat sendiri dan berdampak luas, baik dari sisi kesehatan, maupun keanekaragaman hayati yang terdapat di dalam hutan ikut terancam.

“Kita takutkan adalah ketika dilakukan pembakaran hutan, pas hujan bisa longsor karena dibawah kaki gunung ada pemukiman dan perumahan warga. Pas hujan dan hutan dibakar habis tak ada penahan atau pengisap air, maka mudah sekali untuk banjir dan longsor,” kata Jefri Unenor.

Foto dari udara hutan di Waena yang terbakar yang diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal – Jubi/Piter Lokon.

Sementara itu, Instruktur Rescue Saka Wana Bakti dari BPDASHL Mamberamo-Jayapura, Erson Pakpahan mengatakan, dengan adanya cuaca panas yang terjadi di kota jayapura, maka sampai hari ini pemadaman dilakukan di wilayah Distrik Heram.

Loading...
;

“Kami menerima intruksi dan dengan adanya laporan warga serta Kepolisian bahwa ada titik api ada di expo sehingga kami menurunkan tim dan melakukan pemadaman dengan upaya dan harapan bahwa oksigen di kota Jayapura ini menjadi sehat,” kata Erson Pakpahan di lokasi kebakaran.

Foto dari udara hutan di Waena yang terbakar yang diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal – Jubi/Piter Lokon

Di lokasi kebakaran di Waena, tim tersebut menggunakan tas yang masing-masing berisi 20 liter air untuk melakukan pemadaman pada titik api yang menyebar tersebut.(*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa