HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

KPK ingatkan pejabat negara dan ASN Papua tidak boleh terima gratifikasi Natal  

Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Papua, Maruli Tua. - Jubi/Dok
KPK ingatkan pejabat negara dan ASN Papua tidak boleh terima gratifikasi Natal   1 i Papua
Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Papua, Maruli Tua. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengingatkan pejabat negara dan Aparatur Sipil Negara atau ASN di Papua untuk tidak menerima atau meminta gratifikasi Natal dan Tahun Baru. Hal itu dinyatakan Koordinator Supervisi Pencegahan KPK wilayah Papua, Maruli Tua di Jayapura, Kamis (19/12/2019).

“Inikan sudah mau Natal dan tahun baru. Untuk itu, kami mengingatkan [agar pejabat dan ASN di Papua] jangan seperti daerah lain, yang menjelang hari raya [membuat] pungutan tidak resmi [atau menerima gratifikasi] dari siapapun,” kata Maruli Tua.

KPK ingatkan pejabat negara dan ASN Papua tidak boleh terima gratifikasi Natal   2 i Papua

Ia menilai pada umumnya menjelang hari raya akan ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Kondisi itu membuat oknum tertentu memanfaatkan keberadaan pihak ketiga untuk mendapat uang maupun bingkisan Natal.

“Ini jelas tidak boleh, karena ada aturannya. Apalagi sampai meminta uang, ataupun [meminta barang] dalam bentuk barang. Kalau memberi tidak apa, asalkan sesuaikan dengan anggaran yang ada. Tapi, kalau meminta kepada mitra kerja, itu yang salah,” ujarnya.

Maruli Tua menekankan larangan menerima gratifiksi itu tidak hanya berlaku bagi pejabat di lingkup Pemerintahan Provinsi Papua saja. Larangan penerimaan gratifikasi itu juga berlaku bagi jajaran pegawai dan pejabat Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, instansi vertikal, serta pemerintah kabupaten/kota se-Papua.

“Kalau mendapati hal-hal itu, silahkan laporkan kepada KPK, biar bisa ditindaklanjuti. Cara-cara itu harus dihilangkan,” sambungnya.

Loading...
;

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen mengimbau kepada seluruh pejabat dan ASN di lingkup pemerintahan provinsi Papua untuk tidak menerima parsel atau apapun uang dari siapapun. “Memang ini tidak boleh, jangan sampai ini menjadi masalah di kemudian hari,” kata Dosinaen. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa