Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

KPU gelar sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jayapura gencar melakukan sosialisasi dan simulasi pemilu bagi pemilih pemula di sejumlah sekolah. Kamis siang, 26 Januari 2017, KPU melakukan sosialisasi di daerah pemilihan (dapil) I yaitu SMAN 1 Sentani.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Hukum KPU Kabupaten Jayapura, Manuel Nasadit mengatakan, sosialisasi yang sama akan dilakukan di dapil II, III dan IV. Ia mengakui hal itu penting sebab banyak pemilih yang pada pelaksanaan pilkada 15 Februari nanti dinyatakan sebagai usia wajib memilih.

KPU gelar sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula 1 i Papua

“Hal ini diakomodir juga dalam undang-undang,” katanya kepada Jubi di Sentani, Kamis (26/1/2017).

Meski demikian, ia tak menyebutkan jumlah pemilih pemula di Kabupaten Jayapura, sebab baru dilakukan sosialisasi di dapil I.
Adapun simulasi yang dilakukan, yaitu soal cara atau proses pencoblosan dan proses yang akan dilakukan di tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) saat pelaksanaan pilkada nanti.

“Kami memberikan sekilas materi terkait pemilu secara umum, lalu proses pemilu yang akan dilaksanakan. Selanjutnya dilakukan praktik secara langsung dalam sebuah TPS. Pelaku dan pelaksana aktivitas pemilu tersebut dalam simulasi adalah siswa-siswi sekolah ini. Dengan demikian, diharapkan mereka tidak kaku dan kaget dalam proses pelaksanaan pemilu nanti,” katanya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sentani, Agnes Membiauw menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang digelar KPU Jayapura di sekolah yang dipimpinnya ini.

Loading...
;

Menurut Agnes, melalui sosialisasi yang diberikan ini, anak-anak usia pemilih pemula pada Februari 2017 dapat memahami dan memanfaatkan hak suaranya untuk kepentingan pembangunan. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top