Follow our news chanel

KPU Jayawijaya akan jemput paksa hasil pleno PPD

KPU Jayawijaya akan jemput paksa hasil pleno PPD 1 i Papua
Penghitungan suara TPS 051 distrik Wamena di kantor KPU Jayawijaya usai PSU, Sabtu (27/4/2019)-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya, Sonimo Lani mengatakan pihaknya akan melakukan penjemputan paksa hasil pleno di setiap Panitia Pemilihan Distrik (PPD) yang hingga kini belum juga disampaikan ke KPU.

Sunimo Lani menjelaskan, waktu yang ditentukan oleh KPU RI paling lambat 4 Mei 2019 semuanya sudah harus dilakukan pleno tingkat kabupaten, sehingga dengan sisa waktu yang ada ini KPU akan untuk melakukan jemput paksa logistik surat suara.

“Jika sebelum 4 Mei nanti belum juga ada PPD yang serahkan hasil rekapitulasi, kami akan rapat untuk melakukan jemput paksa,” kata Sonimo Lani di ruang kerjanya, Senin (29/4/2019).

Padahal kata Sonimo Lani, rata-rata PPD telah melakukan pleno di tingkat distrik, sehingga KPU pun mencurigai mereka berafiliasi dengan Caleg atau alasannya seperti apa, sehingga belum ada PPD tidak memasukkan kepada KPU sehingga harus dilakukan jemput paksa.

“Sebagai penyelenggara sangat dilarang melakukan afiliasi dengan Caleg, dan jika ini dibiarkan maka PPD itu mereka akan malas tahu, sehingga mulai besok kita akan lakukan jemput paksa termasuk untuk distrik terjauh yaitu Trikora kami akan sewa helikopter,” katanya.

Di sisi lain Sonimo mengatakan jika pelaksanaan PSU serentak di 12 TPS, Sabtu (27/4/2019) berjalan dengan baik, hanya saja ada sedikit gangguan di TPS 51 itu ada caleg yang mencoba memobilisasi masa sehingga terjadi perselisihan dengan petugas KPPS dan PPS sehingga terjadi kericuhan.

“Semua berjalan baik, cuma memang ada gangguan dari beberapa orang yang mencoba memobilisasi massa, sehingga terjadi kericuhan khususnya di TPS 051 namun bisa diselesaikan. Dan pada saat perhitungan untuk TPS 051, harus dipindahkan ke kantor KPU,” katanya.

Loading...
;

Sementara Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya jika kepolisian memang akan tetap melakukan pengawalan ketat terhadap setiap hasil rekapitulasi yang telah dilakukan setiap distrik, untuk diantar langsung ke KPU Jayawijaya.

“Itu harus dikawal untuk dilakukan pergeseran dari distrik ke KPU kabupaten,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top