Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

KPU Manokwari tolak dokumen dukungan Paslon independen

KPU Manokwari melakukan rapat penetapan hasil perhitungan serta pengecekan dokumen dukungan dan sebaran paslon Perseorangan dalam Pilkada 2020 di Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
KPU Manokwari tolak dokumen dukungan Paslon independen 1 i Papua
KPU Manokwari melakukan rapat penetapan hasil perhitungan serta pengecekan dokumen dukungan dan sebaran paslon Perseorangan dalam Pilkada 2020 di Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, menolak dokumen dukungan pasangan calon (paslon) jalur perseorangan/independen, Ronald Mambieuw dan Reineke E.Musa (Romansa).

Penolakan tersebut, setelah KPU Manokwari melakukan pengecekan jumlah dukungan dan persebaran, yang diputuskan dalam rapat terbuka di kantor KPU Manokwari, Rabu (18/3/2020).

KPU Manokwari tolak dokumen dukungan Paslon independen 2 i Papua

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilakukan KPU Manokwari yaitu, melalui penghitungan jumlah dokumen asli berupa formulir model B.1-KWK Perseorangan.

Dengan berpedoman pada syarat jumlah dukungan bakal paslon Perseorangan untuk kabupaten Manokwari, sebanyak 14.488 orang, serta berpedoman pada indikator keabsahan formulir model B.1.-KWK.

KPU Manokwari, kata Muin, mengecek dan menghitung jumlah dukungan yang tercantum dalam formulir model B.1.1-KWK Perseorangan, serta menghitung persebaran dukungan yang tercantum dalam formulir model B.2-KWK Perseorangan, sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan, dengan berpedoman pada jumlah sebaran dukungan bakal paslon Perseorangan untuk kabupaten Manokwari sebanyak 5 (lima) wilayah kecamatan.

KPU juga telah mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum dalam formulir model B.2 KWK Perseorangan dengan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Loading...
;

Hasil pengecekan jumlah minimal dukungan dan sebaran dukungan paslon Romansa yaitu, dari 14.680  jumlah dokumen yang diserahkan ke KPU, hanya 12.893 dokumen yang lengkap, sementara 1.787 dokumen tidak lengkap, sehingga tidak memenuhi jumlah dukungan.

Sementara, Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar, menyatakan tugas Bawaslu untuk menegakkan demokrasi dan transparansi dalam tahapan Pemilu di Manokwari telah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Antara pihak pemohon (Romansa) dan termohon (KPU Manokwari), kata Prawar, telah menjalankan keputusan Bawaslu. Sehingga dengan hasil yang telah ditetapkan KPU Manokwari, juga telah disaksikan oleh Bawaslu dan tim kerja Romansa.

“Tugas Bawaslu selesai untuk sengketa ini. KPU Manokwari sudah tunjukkan kinerjanya secara transparan,  dan kami harap paslon Romansa bisa legowo,” kata Prawar. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top