Follow our news chanel

Previous
Next

KPU Nabire terima pendaftaran tiga paslon

Ketua KPU Nabire, Wilhelmus Degey. - Jubi/Ist

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon (bapaslon). Hal ini setelah pada pendaftaran terakhir Minggu, (6/9/2020), pasangan Yuvinia Mote – Muhammad Darwis menyerahkan berkas pendaftarannya di Kantor KPU setempat.

Ketua KPU Nabire, Wilhelmus Degey mengatakan, pada Sabtu (5/9/2020) bapaslon Mesak Magai – Ismail Djamaluddin dan bapaslon Fransiskus Xaverius Mote – Taborni Bin M. Cahya telah menyerahkan berkas.

“Bapaslon Mesak dan Ismail diusung oleh partai politik PDIP, PPP, dan PKPI. Sementara Bapaslon FX Mote dan Tabroni diusung oleh partai politik Golkar, NasDem dan Demokrat. Jadi kedua bapaslon ini berstatus diterima,” ujar Degey, ketika dikonfirmasi Jubi, Selasa (8/9/2020).

Sementara itu, bapaslon Yuvinia Mote dan Muhammad Darwis diusung oleh partai politik PSI, Garuda, PKS, PKB, PAN, Perindo dan Golkar. Bapaslon ini, kata dia, berstatus tanda pengambilan pendaftaran.

“Calon bupati Yuvinia masih kurang surat keterangan LHKPN dan calon wakil bupatinya masih kurang surat keterangan LHKPN dan laporan SPT 2015 dan 2016,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan penelitian berkas selama enam hari sejak diterimanya pemberkasan.

Loading...
;

“Setelah melalui pemeriksaan awal, berkas tiga bapaslon dinyatakan lengkap, dan kami akan melakukan tahapan berikutnya, yakni verifikasi berkas yang dilakukan sejak 7 hingga 12 September 2020,” ujar Degey.

Menurut dia, setelah proses verifikasi agenda selanjutnya adalah perbaikan berkas. Hal itu dilakukan pada 14-16 September 2020 apabila ada berkas bapaslon yang kurang sempurna.

“Apabila ada berkas yang belum lengkap seperti legalisir surat, kami akan menunggu untuk agenda perbaikan berkas tanggal 14-16 September 2020,” ujar dia.

Komisioner KPU Nabire, Nelius Agapa mengatakan, untuk jadwal penetapan bapaslon menjadi paslon di Pilkada Nabire akan dilakukan pada 23 September 2020.

“Dan disusul pengundian nomor urut calon, 24 September 2020,” ujar Agapa. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top