Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

KPU Yahukimo diminta kembalikan DPT dan kursi Dapil tiga

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Forum Peduli Pembangunan demokrasi Kabupaten Yahukimo, meminta KPU dan Bupati Kabupaten Yahukimo, mengembalikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang dihuni suku Meck. Mereka menilai ada permainan dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Forum, Sapoter Sam mengaku masyarakat Meck kesal dengan kinerja KPU yang menetapkan jumlah kursi di 6 Dapil, namun di Dapil 3 terjadi pecahan kursi, hingga suara berkurang.

KPU Yahukimo diminta kembalikan DPT dan kursi Dapil tiga 1 i Papua

"Kami tidak terima dengan apa yang sudah ditetapkan KPU, bagaimana caranyakursi di kembalikan, Dari awal kami punya kursi 5. Tetapi beberapa bulan kemudian penetapan kursi oleh KPU hanya 3 dan jumlah suara dari 40 ribu menjadi 30 ribu," katanya kepada wartawan di Jayapura, Selasa, (28/8/2018).

Angka-angka itu, menurutnya dia temukan setelah forum menghitung DPT yang ada, termuat tidak sesuai, jumlah DPT di wilayah itu dan terlihat ada penambahan suara di dapil lain.

"Kami curiga kursi yang dulunya lima, dua dipindahkan dengan jumlah suara yang ada,"katanya.

Sopater mengatakan, mereka telah menanyakan persoalan tersebut kepada KPU. Namun mereka malah diminta ke Dukcapil Keerom.

Loading...
;

"Kami tegas minta kursi kami segera di kembalikan, Kami akan demo dan jika tidak diakomodir akan bermasalah di 2019 karena ini sudah menghina suku Meck, karena negara ini merupakan negara demokrasi, dan kami akan sosialisasi data ini ke masyarakat akar rumput di Yahukimo.Ini akan bermasalah,"katanya.

Sekretaris Forum, Olmek Nawa meminta bupati menepati janjinya untuk kembalikan DPT di wilayah itu.

"Apa yang bupati janjikan untuk mengembalikan DPT 7000, agar kembali menjadi 42.000 suara sesuai jumlah awal. Namun hal itu tidak ditepati, " ujarnya.

Ia mengatakan dengan jumlah DPT Kabupaten Yahukimo 279,401 juga telah terjadi penurunan DPT yang sebelumnya sekitar 3000an.

"KPU jangan buat janji paslu di masyarakat karena wilayah suku Meck ada di 7 Distrik Nalca, Puldama, Koni Nipsan, Tambo, Emdomen, Diruwemna. Namun hanya dialokasikan 3 kursi sedangkan di Kimyal yang punya 5 distrik, tapi bisa dapat 6 kursi. Ini tidak adil," (*).

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top