Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KPU Yalimo tetapkan 25 anggota PPD untuk pilkada 2020

Tahapan perekrutan anggota PPD oleh KPU Yalimo beberapa waktu lalu. -Jubi/KPU Yalimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yalimo, Yehemia Walianggen, mengatakan pihaknya telah menetapkan 25 orang anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) untuk pilkada serentak 2020 di lima distrik yang ada.

“Sesuai time line kita mulai 14 Januuari sampai 15 Februari 2020 untuk perekrutan, dan telah ditetapkan lima besar di setiap distrik, dimana calon PPD siap dilantik 29 Februari 2020,” kata Walianggen saat dihubungi, Minggu malam (23/2/2020).

Katanya, pengumuman lima besar anggota PPD ini dilakukan 15 Februari 2020, sedangkan di tanggal yang sama juga dilakukan pengumuman untuk perekrutan calon anggota PPS hingga 14 Maret 2020.

“Kita sudah bagi tim, teman-teman sudah turun ke distrik untuk rekrut calon anggota PPS. Untuk PPD yang telah ditetapkan, setelah dilantik akan dilakukan bimbingan teknis atau pembekalan untuk laksanakan tugas,” katanya.

Ia juga memastikan jika rekrutmen PPD ini dilakukan secara terbuka, artinya seluruh tahapan yang dilakukan diawasi oleh Bawaslu setempat, dan apa yang ditentukan itu berdasarkan hasil kerja dari pada calon anggota PPD berdasarkan nilai yang diperoleh.

Ketua Bawaslu Yalimo, Habakuk Mabel, mengatakan dalam rangka tahapan perekrutan PPD oleh KPU, sejauh ini belum ada temuan-temuan maupun laporan yang diterima dari masyarakat.

Loading...
;

“Terkait penetapan 10 besar PPD baik lima terpilih maupun lima orang daftar tunggu memang ada masukan ke Bawaslu, tetapi itu kewenangan KPU dimana akan mengklarifikasi apabila ada laporan-laporan masyarakat sesuai dengan PKPU,” kata Mabel.

Ia mengaku untuk perekrutan panitia pengawas tingkat distrik pun telah dilakukan pada 21 Desember 2019. Sehingga dalam tahapan perekrutan PPD, panwas distrik juga melakukan penguatan kapasitas dan mengawasi tahapan yang dilaksanakan nantinya oleh PPD.

“Panwas distrik ada 15 orang untuk lima distrik, dimana per distrik ada tiga orang untuk mengawasi tahapan KPU yang dilaksanakan PPD. Kami juga sedang melakukan perekrutan pengawas lapangan, untuk di setiap kampung satu orang petugas pengawas lapangan,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top