Follow our news chanel

KPU Yalimo tunggu edaran KPU RI soal penetapan Caleg terpilih

KPU Yalimo tunggu edaran KPU RI soal penetapan Caleg terpilih 1 i Papua
Komisioner KPU Yalimo saat di gedung Mahkamah Konstitusi-Jubi/Dok KPU Yalimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo siap menunggu edaran KPU RI terkait dengan penetapan calon legislatif terpilih pada Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan yang dilayangkan kepada KPU setempat.

“Jumat (9/8/2019) MK telah memutuskan bahwa menyatakan gugur atau ditolak gugatan terhadap KPU Yalimo, sehingga kami tinggal menunggu keputusan KPU pusat untuk penetapan calon terpilih, kata Walianggen saat dihubungi,” Sabtu (10/8/2019).

Ia menjelaskan, pada Juni 2019 KPU Yalimo mendapatkan gugatan dari sejumlah calon dan partai politik terhadap pleno penetapan perolehan suara pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi.

Tiga di antaranya dari pemohon yang merupakan calon anggota DPD RI, namun hal itu kata Yahemia gugatan telah ditolak karena dinyatakan dismissal atau tidak memenuhi unsur pada 22 Juli 2019, sehingga persidangan tidak berlanjut dan dinyatakan gugur.

Satu lagi datang dari partai politik yaitu demokrat yang mengajukan gugutan dan berlanjut ke pembuktian. Namun, dari hasil putusan hakim MK di hari yang sama Jumat malam, MK menyatakan menolak.

Loading...
;

“Setelah pembuktian di depan hakim MK baik dari pemohon, termohon, pihak terkait dan Bawaslu, hasilnya itu ditolak oleh hakim MK,” katanya.

Untuk itu, ia berharap semua pihak baik para calon dan partai politik yang merasa dirugikan dan telah mengajukan upaya hukum di MK, dapat menerima putusan yang telah ditetapkan MK.

“Kami berharap apapun putusan yang sudah diputuskan MK, kita semua menerima hasil itu, terutama partai politik yang merasa dirugikan dan mengajukan upaya hukum ke MK,” katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Yalimo, Habakuk Mabel berharap adanya putusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan seluruh gugatan sengketa Pileg telah bersifat mengikat, sehingga semua pihak diminta menghargai hal itu.

“Khusus untuk Partai Demokrat yang sudah mencari kepuasan di MK, namun hasilnya telah diterima sehingga seluruh partai politik dan caleg diharapkan dapat menerima hal tersebut,” katanya.

Bawaslu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Pemilu 2019 telah mengikuti aturan dengan baik, dengan pendidikan politik yang diberikan Bawaslu yang lebih mengutamakan pencegahan dan sosialisasi yang maksimal sehingga Pemilu berjalan dengan jujur, adil. (*)

Editor: Syam Terrajana 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top