Loading...

TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

KPUD Yalimo sudah terima 90 persen logistik PSU Pilkada

PSU Pilkada Yalimo, Papua
Ketua KPUD Yalimo, Yehemia Walianggen bersama tim Bawaslu mengecek logistik Pemungutan Suara Ulang Pilkada Yalimo di gudang KPUD Yalimo yang berada di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. - Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Yalimo, Yehemia Walianggen mengatakan 90 persen logistik peralatan yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang atau PSU Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Yalimo sudah tiba di gedung yang adai di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua. Sisa logistik lainnya diperkirakan tiba di gudang itu sebelum Minggu (16/1/2022).

Hal itu dinyatakan Yehemia Walianggen di Wamena, saat mengecek logistik PSU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Yalimo pada Jumat (14/1/2022). Menurutnya, peralatan penyelenggaraan PSU yang belum tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten (KPUD) Yalimo adalah tinta, segel, dan formulir C hologram.

Dalam pengecekan logistik PSU Pilkada Kabupaten Yalimo pada Jumat itu, KPUD Yalimo mengundang perwakilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Yalimo, perwakilan Bawaslu Provinsi Papua, dan perwakilan Kepolisian Resor Yalimo. Mereka bersama-sama mengecek sejumlah logistik PSU itu, termasuk 93.220 lembar surat suara yang telah dilipat dan disortir.

Baca juga: KPU RI monitoring persiapan PSU Yalimo

Mereka juga mengecek sampul berukuran sedang dan besar, alat bantu tuna netra, buku panduan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Distrik (PPD), daftar pasangan calon, serta kelengkapan pemungutan penghitungan dan rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maupun alat peraga kampanye setiap kandidat.

Selain berbagai peralatan dan dokumen penyelenggaraan PSU, setiap KPPS juga akan mendapatkan alat pelindung diri untuk mencegah penularan COVID-19, seperti hand sanitizer dan face shield. Walianggen menyatakan seluruh logistik PSU itu akan mulai didistribusikan pada 22 Januari 2022 mendatang.

Walianggen menyatakan seluruh logistik PSU di gudang KPUD Yalimo itu dijaga tim yang terdiri dari petugas KPUD Yalimo dan Kepolisian Resor Yalimo. Bawaslu juga akan mengawasi proses pelipatan dan sortir surat suara PSU Yalimo.

Divisi Pengawasan Bawaslu Yalimo, Demianus Payage menyebut pengecekan logistik PSU Pilkada Yalimo pada Jumat itu diketahui semua pihak dan diawasi Bawaslu. “Bawaslu siap melakukan pengawasan melekat terhadap KPU Yalimo,  mulai dari proses sortir dan pelipatan, lalu menggeser distribusi logistik ke lima distrik. Kami juga sudah menyiapkan pengawasan di tingkat bawah,” kata Payage. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us