Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

KTP OAP dapat dijadikan acuan mengetahui jumlah OAP

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Thomas Sondegau menyatakan mendukung rencana Gubernur Papua, Lukas Enembe mendorong Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang asli Papua (OAP), karena dapat dijadikan acuan mengetahui jumlah orang asli Papua usia remaja hingga dewasa. 

"Selama ini kita bicara jumlah OAP dan non-OAP, tapi masih jadi perdebatan karena tak ada data valid sebagai acuan," kata Thomas Sondagau kepada Jubi, Selasa (30/10/2018).

KTP OAP dapat dijadikan acuan mengetahui jumlah OAP 1 i Papua

Menurut anggota Fraksi Demokrat DPR Papua itu, ini merupakan program gubernur Papua pada periode lalu, namun ketika itu belum sempat terealisasikan, dan belum terlambat untuk melakukan hal tersebut. 

Katanya, tidak hanya untuk mengetahui jumlah OAP, juga dapat menjadi acuan dalam penganggaran dan pemanfaatan dana Otsus di kabupaten (kota).

"Ya, karena hingga kini masih ada orang asli Papua yang belum merasakan dana Otsus. Kebanyakan yang merasakan manfaat dana Otsus adalah mereka di wilayah kota. Padahal dana Otsus ini dana politik. Kasarnya bayar darah untuk OAP," ujarnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe akhir pekan lalu menyatakan kembali mendorong pembuatan KTP OAP dan akan melibatkan seluru sinode gereja di Papua dalam program itu. 

Loading...
;

"Gereja memiliki data lengkap anggota jemaatnya. OAP harus dibuat sendiri agar jumlahnya dapat diketahui pasti," kata Lukas Enembe.

Pada kepemimpinannya periode lalu menurut Enembe, ia telah meminta seluruh bupati (wali kota) di Papua membuat data base OAP. Namun hingga kini sebagian besar belum terealisasi. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top