HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kualitas pendidikan antara kota dan kampung di Papua harus merata

Papua
Ilustrasi siswa SMP di Papua - Jubi. Dok 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Anggota komisi bidang pendidikan dan kesehatan DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan mesti ada terobosan pemerataan pendidikan di Papua.

Katanya, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota mesti memikirkan agar tidak terjadi kesenjangan kualitas pendidikan antara sekolah di wilayah kota dengan di kampung-kampung.

“Kita bisa lihat sendiri bagaimana kondisi pendidikan dasar hingga pendidikan menengah di wilayah kota dan di kampung-kampung. Kesenjangan kualitas pendidikan sangat terlihat,” kata Natan Pahabol melalui panggilan teleponnya, Rabu (15/7/2020).

Katanya, pendidikan dan kesehatan merupakan satu di antara sekian masalah yang hingga kini, belum dapat diselesaikan para pengambil kebijakan di Papua.

Menurutnya, membenahi kondisi pendidikan di Papua tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan Dinas Pendidikan provinsi.

Diperlukan peran bupati-wali kota dan instansi terkait di daerah, karena mereka yang memahami kondisi pendidikan di wilayahnya.

“Apalagi sekarang ini, tanggung jawab pengelolaan pendidikan dasar dan menengah pertama ada pada kabupaten-kota,” ujarnya.

Loading...
;

Dalam diskusi daring “Otsus, Pendidikan dan Masa Depan Papua,” awal pekan ini, Kepala Dinas Pendidikan Papua, Christian Sohilait mengakui hingga kini masih banyak masalah dalam dunia pendidikan Papua.

Ia membenarkan adanya kesenjangan kualitas antara sekolah satu dan sekolah lain. Dinas Pendidikan Papua kini berupaya mencari cara agar ke dapan tidak ada lagi sekolah terkesan lebih baik, dan ada yang dianggap tertinggal.

“[Ke depan] semua [sekolah] harus setara. Sarana dan prasarana kita lengkapi dengan baik. Kita persiapkan guru-gurunya,” kata Sohilait. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top