Follow our news chanel

Kualitas ring road di Kota Jayapura perlu diuji

Jalan lingkar di Kota Jayapura - Jubi/Arjuna.
Kualitas ring road di Kota Jayapura perlu diuji 1 i Papua
Jalan lingkar di Kota Jayapura – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Komisi IV DPR Papua yang membidangi infrastruktur, Sinut Busup menyatakan perlu dilakukan uji kualitas terhadap ring road atau jalan lingkar yang melintas dari Hamadi, Distrik Jayapura Selatan ke Skyline, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Kata Sinut Busup, ia bersama beberapa anggota komisinya meninjau pembangunan ring road dan jembatan Hamadi-Holtekham, Jumat (26/7/2019). Dari hasil kunjungan ke lapangan pengerjaan fisik ring road dengan panjang 3,5 kilometer dan lebar 12 meter lebih yang dibangun sejak 2010 itu telah rampung 100 persen.

Namun menurutnya, kualitas ring road tersebut mesti dipastikan. Apakah dapat menahan beban saat kendaraan berat semisal truk kontainer melintas di atasnya. Jika tidak, mesti dicari tahu penyebabnya karena pembangunan jembatan tersebut menelan anggaran APBD dan APBN hampir Rp 1 triliun.

“Kami akan mengecek kembali bersama Ketua DPR Papua dan Dinas PU pada 28 Juli 2019. Kami akan pastikan apakah ring road sudah bisa dibuka atau belum. Namun kalau melihat dasar ring roang, kami harus pastikan apakah dapat dilalui kendaraan berat,” kata Sinut Busup usai meninjau ring road.

Untuk memastikan kualitas ring road tersebut kata Sinut Busup, akan dilakukan uji coba dengan rekayasa lalu lintas, di Kota Jayapura, untuk mengatasi kemacet yang terjadi di Kota Jayapura beberapa waktu terakhir akibat pengerjaan penutupan akses lalu lintas di wilayah Polimak karena adanya pengerjaan jalan di wilayah itu.

“Kualitas ring road ini mesti dipastikan apakah dapat bertahan lama atau tidak. Selain itu, meski pembangunan jalan ini telah selesai namun belum dilaporkan ke Komisi IV DPR Papua sebagai komisi yang melakukan dan pengawasan pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Loading...
;

Katanya, jika kualitas ring road dipastikan memenuhi syarat maka Pemprov Papua mesti segera meresmikannya. Begitu juga jembatan Holtekhamp yang telah selesai dikerjakan agar sebelum PON Papua kedua infrastruktur tersebut dapat difungsikan.

“Pemprov Papua mesti segera menyurati Kementerian PUPR untuk segera diresmikan. Kami berharap presiden yang resmikan,” ucapnya.

Sementara anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan kehadiran ring road tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di wilayah Kota Jayapura.

“Mesti segera difungsikan mengingat arus lalu lintas di Kota Jayapura semakin padat. Nantinya kendaraan dari arah Hamadi ke Abepura, bisa dialihkan lewat ring road itu,” kata Thomas Sondegau. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top