Kursi partai caretaker Samoa berkurang akibat sengketa hasil pemilu

Partai HRPP, yang dipimpin oleh Tuilaepa Sailele Malielegaoi, kini memiliki kursi minoritas di Parlemen Samoa. - Pemerintah Samoa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Hingga saat ini, partai HRPP di Samoa – pemerintah sementara negara itu – telah kehilangan enam kursi sejak pemilu diadakan 9 April lalu, sementara akan ada delapan pemilihan sela yang harus diadakan.

Pemerintah yang terpilih, Partai FAST, yang akan memimpin negara itu masih memegang 26 kursi dibandingkan dengan 19 MP terpilih dari HRPP.

FAST, yang telah dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu lalu tetapi terus dihalangi dalam upayanya untuk mengambil alih pemerintahan oleh HRPP, masih terus memegang mayoritas kursi dari parlemen dengan 51 anggota itu.

Pemerintah caretaker tersebut telah kehilangan enam kursinya dalam berbagai sengketa hasil pemilu, sementara dua kursi lain lagi akan kembali diperebutkan dalam pemilihan sela atas kesepakatan para caleg.

Selasa ini (13/7/2021), sebelum pengadilan sempat memproses gugatan hasil pemilu didapilnya, tiga caleg HRPP yang sebelumnya sudah memenangkan kursi mereka, setuju untuk mengundurkan diri, tidak akan menghadapi hakim, dan dengan demikian memicu penyelenggaraan pemilihan sela.

Tuilaepa Sailele Malielegaoi, caretaker Perdana Menteri dari HRPP, telah mendorong agar diadakan pemilu nasional yang baru sebagai solusi dalam menghentikan kebuntuan politik sejak ia memulai krisis itu dengan menolak untuk mengundurkan diri dan menyerahkan pemerintahan kepada FAST yang memenangkan mayoritas parlemen.

Sementara itu, dari puluhan gugatan terkait hasil pemilu dan krisis konstitusi, persidangan oleh Mahkamah Agung Samoa untuk menentukan apakah Tuilaepa akan menghadapi proses pidana telah ditunda.

Loading...
;

Tuilaepa, Jaksa Agung Samoa, mantan ketua parlemen, dan paniteranya akan hadir dihadapan sidang karena mereka telah mencegah parlemen nasional yang baru untuk bersidang pada 24 Mei seperti yang diperintahkan oleh MA. Pengadilan akan mengambil putusan tentang peran yang dimainkan oleh keempat pihak itu dalam melawan perintah pada 23 Mei agar Parlemen ke-17 bersidang pada hari berikutnya dan para anggota parlemen yang baru terpilih agar dilantik. (RNZ Pacific)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top