Follow our news chanel

Previous
Next

Laboratorium BBPOM Jayapura dan PTFI ikut periksa PCR

Covid-19 Papua
Foto ilustrasi, pandemi Covid-19 di Tanah Papua - Jubi/ Leon
Laboratorium BBPOM Jayapura dan PTFI ikut periksa PCR 1 i Papua
Foto ilustrasi, pandemi Covid-19 di Tanah Papua – Jubi/ Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Mulai pekan depan, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi akan melibatkan  Laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan  atau BBPOM Jayapura dan Laboratorium milik PT Freeport Indonesia dalam melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan metode PCR atau polymerase chain reaction .

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule SpOG di Jayapura, Minggu (10/5/2020), mengatakan jika pekan depan kedua laboratorium itu dapat beroperasi, total hampir 400 lebih sampel terduga Korona dapat diperiksa dengan metode PCR di provinsi ini.

“Laboratorium BPOM Jayapura memiliki kemampuan memeriksa 20 sampel, lalu Laboratorium PT Freeport 100 sampel, sehingga akan ada tambahan pemeriksaan 120 sampel. Jika kita efektifkan alat PCR di Labkesda Provinsi Papua akan pula membantu sebanyak 100 sampai 110 sampel. Dengan kemampuan laboratorium Balitbangkes saat ini yang mampu memeriksa 145 sampel sehari, harapan kami minggu depan laboratorium di Papua bisa running memeriksa hampir empat ratus sampel dalam sehari,” kata Sumule.

Dengan meningkatnya jumlah kasus, penambahan laboratorium untuk memeriksa sampel Swab sudah menjadi kebutuhan. Apalagi Pemprov Papua berencana akan melakukan rapid mass atau tes massal di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura.

Pada ketiga wilayah ini telah terjadi transmisi lokal, sehingga penyebaran tidak mengenal klaster lagi.

“Laboratorium Balai Litbangkes sampai hari ini bekerja luar biasa. Dari kemampuan 100 sampel sehari, mereka tingkatkan menjadi 145 sampel sehari. Itu butuh tenaga effort yang luar biasa. Kami sampaikan apresiasi yang luar biasa untuk tenaga kesehatan bekerja di sana,” katanya.

Loading...
;

Sebelumnya, Kabupaten Mimika melakukan rapid mass atau tes cepat terhadap hampir 3000 warganya pada akhir April lalu. Demikian juga dengan manajemen PT.Freeport Indonesia. Hasilnya terdapat peningkatan jumlah kasus positif yang tajam pada dua pekan ini.

Sejak tes massal pada 26 April lalu, terjadi peningkatan jumlah kasus di Kabupaten Mimika sebanyak 67 kasus, sehingga total kasus positif di Kabupaten Mimika menjadi 112 kasus pada Minggu (10/5/2020).

Jumlah kasus positif Korona di Provinsi Papua sampai hari Minggu (10/5/2020), mencapai 308 kasus, 288 pasien dirawat, 73 pasien sembuh, dan 7 pasien meninggal dunia.(*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top