HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Lagi, 2 tenaga kesehatan Papua positif Covid-19, total kasus 640

papua kasus covid-19 selasa 26 mei 2020

papua kasus covid-19 selasa 26 mei 2020

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Dua petugas kesehatan di Kota Jayapura, Papua terkonfirmasi positif Covid-19 dari tiga kasus yang bertambah hari ini, Selasa (26/5/2020). Sehingga total kasus positif korona di provinsi Papua menjadi 640 orang. 

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua dr Silwanus Soemoele, SpOG (K) mengatakan saat petugas kesehatan yang terinfeksi dampaknya akan sangat luar biasa bagi penanganan Covid-19.

Lagi, 2 tenaga kesehatan Papua positif Covid-19, total kasus 640 1 i Papua

Apalagi, tambahnya, yang terinfeksi adalah petugas kesehatan dengan keahlian dan keilmuan yang jumlahnya sangat langka di Provinsi Papua.

“Keilmuan mereka sangat kita butuhkan, tetapi saat ini mereka harus mengisolasikan diri, ini akan susah bagi kami untuk menangani kasus Covid-19, juga penyakit lain, karena mereka ini tidak hanya bertugas untuk kasus Covid-19, tapi juga harus menangani penyakit lain,” kata Soemoele di Kota Jayapura, Selasa (26/5/2020).

Dengan dua kasus baru, saat ini sudah 34 tenaga kesehatan terinfeksi korona di Provinsi Papua. Mereka terbanyak di Kota Jayapura yang merupakan wilayah terbanyak kasus korona di papua. Kemudian di Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, dan Kabupaten Jayawijaya.

“Petugas-petugas kesehatan kita yang terinfeksi virus korona, kami berdoa karena petugas-petugas kesehatan kita akan mampu melewati penyakit ini,” katanya.

Soemoele meminta kepada pasien, saat dokter melakukan anamnesis, pasien harus menyampaikan dengan jujur dan tidak menutup-nutupi apa yang mereka rasakan. Dengan cara itu masyarakat dapat melindungi petugas kesehatan dari Covid-19.

Loading...
;

“Kami juga meminta kepada teman-teman di rumah sakit dan puskesmas untuk tetap semangat memenuhi panggilan tugas, sebab tugas kita adalah menolong orang, tetap bersemangat, tetap menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), ikuti protokol-protokol yang ada di rumah sakit, tetap berdoa Tuhan pasti tolong,” katanya.

Hari ini juga terdapat satu pasien sembuh dari Kabupaten Supiori yang dirawat di RSUD Biak Numfor. Juga terdapat penambahan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berasal dari Kota Jayapura.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 41 orang, berasal dari Kota Jayapura dua orang, Kabupaten Tolikara tiga orang, Boven Digoel dua orang, dan Mimika 34 orang.

Soemoele menyebutkan perjalanan virus korona masih terus berlangsung dan harus menjadi komitmen bersama untuk mengalahkannya.

“Satu-satunya cara agar kita mampu memenangkan peperangan terhadap Covid-19 dengan cara kita mengikuti protokol-protokol kesehatan ‘stay at home’, ‘social distancing’, dan melakukan cuci tangan,” katanya.

Garda terdepan dari penanganan Covid-19, lanjutnya, adalah masyarakat. Sedangkan petugas kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit adalah pertahanan terakhir. (*)

Editor: Syofiardi

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa