Lagi, beruang madu terjerat di kebun warga

Beruang Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pekanbaru, Jubi – Seekor beruang madu terjerat di kebun warga Desa Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Rabu (30/6/2021). Namun berhasil diselamatkan Tim Sapu Jerat dan Penanganan Konflik Taman Wisata Alam Sungai Dumai, Balai Besar KSDA Riau setelah terjerat selama 24 jam.

“Terjerat pada Rabu (30/6/2021) itu diduga lama telah terjerat selama 24 jam,” kata Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro, Jumat, (2/7/2021) kemarin.

Baca juga : Anak beruang madu diselamatkan dari jerat

Beruang jantan tanpa lengan ini dilepasliarkan  

BBKSDA pasang perangkap beruang penyerang petani

Temuan beruang yang terjerat itu berdasarkan laporan warga yang melewati semak belukar dan mendengar auman beruang. Saat itu tim kebetulan menggelar operasi jerat di sekitar wilayah tersebut dan  menemukan seekor beruang madu dalam kondisi terjerat dan kondisinya juga sudah sedikit lemas.

Loading...
;

“Tim kemudian melakukan upaya penyelamatan secara manual dan segera memutuskan tali rafia yang menjerat kaki kanan depan beruang madu dengan menggunakan dodos,” kata Heru menambahkan.

Meski sudah sehari semalam terjerat, namun kondisi kaki beruang itu tidak mengalami luka yang cukup parah sehingga petugas  memutuskan tak merawat. Sedangkan usai lepas dari tali jerat beruang itu langsung lari ke dalam hutan.

“Kami telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melukai atau membunuh satwa yang dilindungi undang-undang termasuk beruang madu. Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat di sekitar kawasan tersebut,” kata Heru menegaskan.

Ia juga minta warga yang memasang jerat babi hutan di kebun sawit mereka segera membongkar dan membuat surat pernyataan untuk tidak memasang jerat yang dapat membahayakan satwa dilindungi. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top