Follow our news chanel

Laki-laki lebih banyak positif korona di Papua, total 652 kasus

papua kasus covid-19 rabu 27 mei 2020

papua kasus covid-19 rabu 27 mei 2020

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Di Provinsi Papua laki-laki ternyata lebih banyak terkena virus korona dibanding perempuan.

Data Satgas Covid-19 Papua per hari ini, Rabu (27/5/2020), jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Papua bertambah 12 orang sehingga total 652 kasus. Dari semua kasus positif, 62 persen di antaranya berjenis kelamin laki-laki.

“Dari beberapa penelitian Covid-19, laki-laki cenderung lebih mudah terinfeksi virus korona dibandingkan perempuan,” kata dr Silwanus Soemoele, SpOG (K), juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua di Kota Jayapura Rabu (27/5/2020).

Menurutnya, reseptora atau titik tangkap virus korona ternyata lebih banyak pada laki-laki. Virus lebih mudah menempel pada laki-laki daripada perempuan.

Soemoele menjelaskan, 12 kasus hari ini berasal dari Kota Jayapura tujuh kasus, Kabupaten Mimika empat kasus, dan Kabupaten Jayapura satu kasus.

Sedangkan dari usia, komposisi kasus positif Covid-19 di Provinsi Papua didominasi kelompok umur dewasa (19-58 tahun) 86 persen, usia lansia ( di atas 58) 5 persen, dan anak anak 9 persen.

Loading...
;

Selain itu ada tambahan empat kasus yang dinyatakan sembuh. Keempatnya berasal dari Kabupaten Keerom. Dua pasien dirawat di RSUD Jayapura dan dua pasien lainnya dirawat di RS TNI Marthen Indey.

Soemoele berpesan kepada seluruh petugas kesehatan di Rumah Sakit Dian Harapan dan Rumah Sakit Marthen Indey, serta petugas diagnostik di Balai Litbangkes dan semua lapisan yang telah membantu kesembuhan pasien-pasien tersebut untuk tetap semangat.

“Tetap berkolaborasi bergandengan tangan untuk bekerja sama dalam upaya besar kita membantu agar kasus Covid-19 di Provinsi Papua cepat selesai,” katanya.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 39 orang yang berasal dari Kabupaten Jayapura 32 orang, Kabupaten Biak Numfor dua orang, Yahukimo satu orang, dan Kota Jayapura 4 orang.

“Empat orang di Kota Jayapura saat ini dirawat di rumah sakit Bhayangkara dan rumah sakit jiwa,” ujarnya.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) hari ini juga bertambah 52 orang. Masing-masing dari Kota Jayapura 27 orang, Kabupaten Pegunungan Bintang satu orang, Asmat satu orang, Mimika 15 orang, Kabupaten Jayapura enam orang, dan Jayawijaya dua orang.

Soemoele mengimbau masyarakat Papua agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, menjaga ketertiban, dan tidak memberikan stigma terhadap warga yang terdiagnosis virus korona.

“Pukul 14.00 WIT adalah waktu terakhir untuk melakukan aktivitas, jika harus keluar tetap menggunakan masker,” katanya.(*)

Editor: Syofiardi

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top