Follow our news chanel

Lanny Jaya, pintu masuk membongkar sindikat minol di Peguteng

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Legislator Papua dari daerah pemilihan Lanny Jaya, Jayawijaya, dan Nduga, Nioluen Kotouki mengatakan, tertangkapnya 12 orang warga Lanny Jaya yang memproduksi dan menjual minuman beralkohol (minol) awal Juni 2018 lalu, merupakan pintu masuk membongkar sindikat peredaran minol di wilayah Pegunungan tengah (Peguteng) Papua. 

"Ini pintu masuk mengusut peredaran minol di wilayah pegunungan tengah selama ini. Bisa diketahui jaringannya dan siapa-siapa di belakang mereka," kata Kotouki via telaponnya, Rabu (13/6/2018).

Ia menduga, ada pihak yang menyuplai bahan membuat minol oplosan kepada mereka yang tertangkap itu. Para kepala daerah di wilayah pegunungan tengah diharapkan bekerjasama memberantas peredaran minol di wilayahnya, apalagi sudah ada larangan penjualan minol yang dikeluarkan Pemprov Papua sejak beberapa tahun lalu.

"Kami harap para bupati (wali kota) melaksanakan aturan itu. Mengambil sikap tegas memberantas minol," ucapnya.

Kotouki juga menyatakan mendukung sikap Pemkab Lanny Jaya yang akan memulangkan 12 penjual minol tersebut ke daerah asalnya agar menjadi pelajaran kepada penjual lainnya. 

Sementara Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait mengatakan, kasus ini terungkap setelah salah seorang penjual minol oplosan yang membawa empat jerigen minol dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya tertangkap.

Loading...
;

Dalam pengembangan kasus, pemerintah daerah setempat bersama aparat keamanan berhasil mengamankan tiga pelaku lainnya di Distrik Pirime dan Weringgambut, Kabupaten Lanny Jaya.

"Mereka harus meninggalkan Lanny Jaya bersama dengan keluarganya namun yang utama mereka harus menjalani proses hukum terlebih dahulu," kata Sohilait belum lama ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top