HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Lari lintas alam skala internasional kembali digelar di kawah Ijen

Pelari memulai lomba untuk melintasi medan dalam ajang Ijen Trail Running 2018. (Jubi/Tim Egon Trail Running)
Lari lintas alam skala internasional kembali digelar di kawah Ijen 1 i Papua
Pelari memulai lomba untuk melintasi medan dalam ajang Ijen Trail Running 2018. (Jubi/Tim Egon Trail Running)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bondowoso, Jubi – Tahun ini, ajang bergengsi lomba lari internasional lintas alam Ijen Trail Running (ITR) kembali digelar. Kegiatan yang bertemakan Race To The Blue Fire diusung untuk semakin meneguhkan keindahan alam Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Race to The Blue Fire merupakan rangkaian dari Asia Trail Master Championship 2019. Dalam setahun hanya ada lima iven sejenis yang bisa digelar di setiap negara, dan Ijen Trail Running masuk salah satunya.

Lari lintas alam skala internasional kembali digelar di kawah Ijen 2 i Papua

Tak hanya itu, Ijen Trail Running 2019 sudah terdaftar di Internasional Trail Running Asociation (ITRA) dan telah mendapatkan point Ultra Trail Du Mount Blanc (UTMB). UTMB sendiri adalah event trail running tersohor di dunia di mana untuk mengikuti event tersebut, setiap pelari diwajibkan memiliki minimal 15 point dalam tiga race.

Serupa dengan tahun sebelumnya, ITR kali ini diikuti oleh pelari dari berbagai negara. Penyelenggara ITR, Alfan Impriadi mengatakan tercatat sudah ada 350 pelari yang berasal dari 20 negara telah mendaftar dalam ajang tahunan ini.

“Mereka berasal dari Brazil, Brunei, Malaysia, Jepang, USA , Thailand, Slovakia, Filipina, India, Taiwan, Myanma, Perancis, Republic Ceko, Tiongkok, Denmark, Belanda, Belgia, Argentina, Jerman dan Indonesia,” kata Alfan Impriadi, dalam rilis yang diterima Jubi, Jumat (2/8/2019).

Dalam race ini, penyelenggara menggunakan teknologi khusus untuk mencatat waktu tempuh setiap pelari. Kata Alfan, teknologi Race Timing dan Check Point digital dipakai agar catatan waktu dan pergerakan pelari dari setiap check point bisa dideteksi.

Loading...
;

“Jadi semua bisa terdeteksi. Kalau ada pelari yang tersesat atau berhenti kita bisa segera tahu dan mengirimkan bantuan,” katanya.

Kata Alfan, tahun ini ITR membuka lima katagori perlombaan yakni 100K (ultra), 70K (ultra), Kawah Wurung Trails 42K, Hot Spring Trails 21K, dan Coffee Plantation Trails 10K.

“Peserta kategori 100K dan 70K akan melewati Puncak Kawah Ijen. Untuk kategori 42 akan dapat menyaksikan keindahan panorama Kawah Wurung dengan background Gunung Raung serta Gunung Ijen,” jelasnya.

Ijen Trail Running juga bekerjasama dengan beberapa negara di Asia untuk menyediakan Podium Exchange melalui race di Four Trails Thailand dan Vertical to Sky Mountain Race di Philipina.

Pemenang podium di lomba tersebut berhak mengikuti ijen trail running 2019 secara gratis. Begitu juga sebaliknya pemenang podium 100K ijen trail running 2019 berhak mengikuti Four Trails Thailand dan Vertical to Sky Mountain Race di Philipina yang diadakan sepanjang tahun 2019.

ITR 2019 sendiri akan digelar pada 3 – 4 Agustus 2019 di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa