Follow our news chanel

Previous
Next

Layanan internet jangkau dua sekolah di Airu

Papua
Kunjungan Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten Jayapura ke Distrik Airu, beberapa waktu lalu - dok. pribadi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Sebanyak dua sekolah bakal menikmati layanan internet di Distrik Airu, Kabupaten Jayapura. Layanan itu ditargetkan beroperasi mulai bulan depan.

“Banyak layanan (pendidikan) yang dibutuhkan siswa dan para guru di Airu. Mereka (selama ini) harus mengeluarkan biaya besar untuk memperoleh informasi dan layanan tersebut,” kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jayapura Jimmy Fitowin, Senin ( 21/9/2020).

Sekolah yang bakal mendapat layanan internet tersebut ialah SMP Negeri Airu dan SD Negeri Inpres Kampung Pagai. Akses internet akan dipancarkan melalui antena penerima sinyal satelit atau VSAT.

Penyediaan layanan internet tersebut merupakan kerja kolabrasi Dinas Pendidikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika bersama PGRI Kabupaten Jayapura. Paket bantuan lain juga bakal digelontorkan oleh sejumlah instansi daerah untuk meningkatkan pelayanan publik di Airu

Distrik Airu berada di kawasan perbatasan dengan Kabupaten Yalimo. Pembangunan fasilitas umum dan layanan publik masih sangat minim di Airu.

“Para guru telah mendedikasikan diri mereka sehingga mampu bertahan (betah) mengajar (dalam kondisi serbaterbatas di Airu). Karena itu, fasilitas pendidikan seperti ini (akses internet) wajib diberikan kepada mereka guna mempermudah koordinasi dan komunikasi,” jelas Fitowin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengatakan mereka juga mengandeng pihak swasata untuk menyiapkan infrastruktur internet di Airu. “Fasilitas internet sebenarnya sudah ada di Kantor Distrik (Airu), tetapi tidak dikelola (dirawat) dengan baik. Karena itu, kami juga akan mengaktifkan kembali (fasilitas internet tersebut).” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top