Follow our news chanel

Previous
Next

Layanan pendidikan harus tetap optimal selama pandemi

Papua
Ilustrasi metode pembelajaran jarak jauh - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, JubiPandemi Covid-19 menjadi tantangan berat bagi dunia pendidikan di daerah. Guru beserta jajaran lain di dinas pendidikan harus senantiasa memastikan pelayanan mereka tetap berjalan optimal.

“ASN (aparatur sipil negera) di lingkungan dinas pendidikan harus (tetap) menjadi pelayanan setia bagi seluruh siswa sekolah di masa pandemi Covid-19. (Layanan) kependidikan akan berjalan baik jika mereka bertanggungjawab. Jika tidak, (pembangunan) pendidikan tidak akan berhasil,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Yulianus Pasang, Jumat (18/9/2020).

Menurutnya, jam kerja harian para pendidik dan tenaga kependidikan sesungguhnya menjadi lebih lama pada saat ini. Mereka harus bersiaga dan memastikan layanan pendidikan berjalan tanpa kendala meskipun dengan berbagai keterbatasan karena pandemi.

“Para orangtua juga harus bahu-membahu (bersama tenaga pendidik dan kependidikan). Mereka mesti mengawasi dan membimbing siswa saat belajar di rumah atau sepulang dari sekolah,” ujar Kadang.

Dia juga meminta masyarakat berperan aktif mengawasi efektivitas layanan pendidikan selama pandemi di Nabire. Hasil pengawasan itu dapat mereka sampaikan untuk ditindaklanjuti oleh dinas pendidikan setempat.

“Kami belum tentu dapat memantau (mengawasi) seluruhnya. Karena itu, semua pihak diharapkan secara bersama-sama memantaunya,” ujar Kadang.

Anggota DPRD Nabire Gunawan Inggeruhi mengakui pandemi merupakan masa terberat bagi kemajuan dunia pendidikan. Namun, tetap harus ada upaya serius untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Loading...
;

“Saat ini merupakan masa sulit sehingga perlu cara yang tepat untuk mengatasinya (hambatan pendidikan akibat pandemi). Jika tidak, banyak siswa kelas I sekolah dasar mengalami buta huruf,” kata Inggeruhi, tanpa merincikan metode yang tepat tersebut. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top