Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Lebih dekat dengan Breno “dokter” fisik Persipura

Breno Araujo Rocha, pelatih fisik Persipura Jayapura saat memimpin latihan tim – Jubi/Media Officer Persipura.
Lebih dekat dengan Breno “dokter” fisik Persipura 1 i Papua
Breno Araujo Rocha, pelatih fisik Persipura Jayapura saat memimpin latihan tim – Jubi/Media Officer Persipura.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Salah seorang yang punya pengaruh dalam performa tim mutiara hitam adalah Breno Araujo Rocha. Ia adalah pelatih fisik baru Persipura Jayapura yang bertugas membenahi fisik Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Kehadiran mantan pelatih fisik klub elit asal Brasil, Vasco da Gama ini sedikit mampu mengembalikan fisik para pemain Persipura ke level yang lebih baik.

Lebih dekat dengan Breno “dokter” fisik Persipura 2 i Papua

Breno mengatakan sejak awal dirinya merasa terkejut ketika manajemen Persipura meminta dirinya bekerja sebagai pelatih fisik di klub Persipura Jayapura.

“Saya sempat terkejut, tetapi saya pernah dengar nama coach Jacksen Tiago dari beberapa teman yang pernah bekerjasama dengan saya. Saya dapat masukkan dari pelatih kipper Fabio Tepedinho dan juga coach Amilton,” kata Bruno.

Pelatih kipper Fabio Tepedinho dan juga coach Amilton memang sudah tidak asing lagi bagi pencinta sepakbola Papua khususnya masyarakat Kota Jayapura. Karena kedua pelatih tersebut pernah bersama Jacksen F. Tiago melatih Persipura beberapa musim lalu. Bahkan, coach Amilton sempat menjadi pelatih Persipura pada 2018 lalu.

“Setelah mendapat tawaran tersebut, saya langsung mencari informasi dan survey bagaimana Indonesia, bagaimana Papua, bagaimana Kota Jayapura, dan bagaimana budaya sepakbola di Indonesia. Setelah saya mendapatkan semua informasi yang saya inginkan, saya langsung menerima tawaran tersebut beberapa hari kemudian,” ujarnya.

Loading...
;

Sehari sebelum laga Persipura kontra Madura United, pelatih berusia 25 tahun tersebut tiba di Kota Jayapura. Ia berkesempatan menonton laga yang dimenangkan oleh Persipura.

Dari pengamatan khusus terhadap fisik para pemain Persipura, Bruno menilai bahwa dirinya dan juga staf pelatih Persipura harus melakukan improfisasi yang meliputi aspek stretching, kecepatan serta indorent.

“Kami harus duduk bersama guna menyusun program. Baik itu program jangka pendek maupun jangka panjang sehingga bisa membuat anak-anak dilevel yang lebih baik ketimbang saat melawan Madura United lalu,” katanya.

Breno menjelaskan stretching penting untuk membantu range of motion (ROM) atau mobilitas menjadi sangat baik. Dengan peregangan, persendian pun menjadi jauh lebih fleksibel, lebih leluasa, dan ROM menjadi jauh lebih luas.

“Bila pergerakan di dalam sebuah sendi menjadi leluasa, tentu saja menendang bola akan jauh menjadi lebih baik. Bila diregangkan sebelum pertandingan, maka hamstring akan semakin baik. Terutama lagi bila diregangkan dengan gerakan yang dinamis karena akan sangat membantu pergerakan di sendi. Ini akan menghindari seorang pemain dari cidera,” ujarnya.

Bruno menilai dari hari ke hari fisik pemain Persipura mengalami peningkatan, walaupun belum pada level permainan layaknya atlet sepak bola.

“Sekarang perkembangannya cukup baik tetapi harus terus menerus kami genjot sehingga menuju pada level permainan mereka,” ujarnya.

Breno pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Papua khususnya masyarakat Kota Jayapura yang telah menyambutnya dengan hangat dan memberikan tempat yang layak baginya untuk bekerja.

“Masyarakat di sini sangat ramah dan hangat. Saya sangat menikimati hidup disini, apalagi Persipura sudah meraih empat kemenangan, dan tentunya saya sangat senang akan hal tersebut. Semoga, di pertandingan-pertandingan selanjutnya kita bisa menang, dan fisik pemain semakin meningkat sesuai dengan harapan saya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, kedatangan Breno ke Persipura merupakan rekomendasi dari JFT. Papi Negro sapaan akrabnya kepada wartawan belum lama ini mengatakan, Breno adalah pelatih fisik yang bagus dan berharap dengan kehadiran Breno dapat mengangkat performa fisik pemain Persipura.

“Dia sebelumnya menjadi pelatih fisik di klub CR Vasco da Gama, Brasil,” kata JFT singkat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top