HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Legislator: Dinas PUPR mestinya dapat memperbaiki Jalan Kemiri-Depapre

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi IV bidang infrastruktur DPR Papua, Irenius Liku Bolly mengatakan meski pembiayaan pembangunan ruas Jalan Kemiri-Depapre di Kabupaten Jayapura, bersumber APBD Papua dan APBN, namun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Papua dapat mengambil kebijakan membenahi sejumlah titik ruas jalan yang rusak.

"Dalam pekerjaan PU itu kan ada istilah fungsional. Nah fungsional ini yang dijalankan bagaimana agar jalan itu layak," kata Liku Bolly menjawab pertanyaan Jubi, Rabu (30/1/2019).

Legislator: Dinas PUPR mestinya dapat memperbaiki Jalan Kemiri-Depapre 1 i Papua

Menurutnya, dinas terkait cukup membehani titik-titik tertentu yang rusak, atau ruas yang menjadi tanggung jawab provinsi jika memang tak dianggarkan dalam APBN, demi menjawab keluhan masyarakat, meski dalam APBD Tahun Anggaran (TA) 2019, hampir semua dana di Dinas PUPR dipangkas untuk mempersiapkan fasilitas PON.

"Bukan melakukan perbaikan jalan secara keseluruhan. Itukan bisa dianggap sebagai pos major, di mana jalan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sama halnya jika jalan rusak akibat bencana alam semisal banjir atau longsor," ujarnya.

Katanya, mestinya Dinas PUPR Papua jeli melihat kondisi yang ada. Jangan hanya menunggu perintah gubernur.

"Kalau semua tunggu perintah gubernur, apa gunanya kepala dinas kalau begitu," ucapnya.

Loading...
;

Belum lama ini, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kabupaten Jayapura, Smith H Tasik, mengatakan pekerjaan infrastruktur jalan Sentani-Depapre merupakan kewenangan Pemprov Papua.

"Pemerintah Kabupaten Jayapura saat ini hanya melakukan pekerjaan peningkatan jalan dan itu terbatas jaraknya," kata Smith H Tasik.

Menurut Tasik, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah provinsi melalui instansi teknis.

"Sudah survei serta turun langsung ke lapangan melihat kondisi jalan ini. Pada 2019 pekerjaan akan dilaksanakan,” ujarnya. (*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa