Legislator tolak pencaplokan wilayah Kabupaten Mambra

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Legislator Kabupaten Mamberamo Raya (Mambra), Herman Sokaro menyatakan menolak pencaplokan wilayah pemerintahan kabupaten setempat oleh kabupaten tetangga yakni Tolikara, Puncak Jaya, dan Mamberamo Tengah.

Ia mengatakan, sebagai anak asli dari Douw dan Teiyeve, Distrik Mamberamo Hulu, Kabupaten Mambra, ia menolak pencaplokan wilayah itu karena sejak awal Distrik Wari, Distrik Douw dan Distrik Egiyam yang diklaim Pemkab Tolikara merupakan wilayah Kabupaten Mambra. 

"Begitu juga Turere, bukan wilayah Kabupaten Puncak Jaya dan Taria, bukan daerah Mamberamo Tengah. Itu semua wilayah Mamberamo Raya," kata Herman Sokaro di Jayapura, Selasa (20/11/2018).

Menurutnya, jika ada investor yang ingin berinvestasi di beberapa distrik itu, harus berkoordinasi dengan Pemkab Mamberamo Raya, bukan dengan pemerintah kabupaten lain.

"Pemkab Tolikara dan Puncak Jaya juga jangan sembarangan masuk ke wilayah orang lain, karena sejak dulu dalam tatanan adat, wilayah itu masuk Mamberamo Raya," ucapnya.

Ia mengatakan, ketidakjelasan wilayah administrasi pemerintah tersebut membuat masyarakat di wilayah yang dicaplok kabupaten lain bingung akan posisi mereka.

Loading...
;

"Masyarakat Mamberamo Raya bingung karena ada diklaim masuk ke Puncak Jaya, Tolikara dan Mamberamo Tengah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua pemuda Distrik Mamberamo Hulu, Kabupaten Mambar, Firdaus Fruaro menyatakan, pihaknya juga menolak rencana pemekaran Kabupaten Kembu dari Kabupaten Tolikara, jika akan mengambil wilayah Distrik Wari.

"Kami menolak itu. Calon Kabupaten Kembu posisinya harus di Mamit (Tolikara), tidak boleh masuk turun ke wilayah Mamberamo Raya (Wari), yang selama ini diklaim masuk Kabupaten Tolikara," kata Firdaus Fruaro. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top