Follow our news chanel

Previous
Next

Libatkan pengusaha lokal, Diskop dan UMKM Jayapura siapkan 115 ribu masker

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota, saat menyerahkan masker kepada Tim Gugus Tugas - Jubi/IST
Libatkan pengusaha lokal, Diskop dan UMKM Jayapura siapkan 115 ribu masker 1 i Papua
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota, saat menyerahkan masker kepada Tim Gugus Tugas – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dalam rangka penanganan dan pencegahan virus corona di Kaupaten Jayapura, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Kabupaten Jayapura bersama sejumlah pengusaha lokal menyerahkan 2.160 masker kepada Tim Gugus Tugas, dari target 115 ribu masker yang akan disiapkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota, mengatakan Dinas Koperasi dan UMKM telah melakukan pendataan sejumlah pengusaha lokal di daerah ini.

Dikatakan, dari program yang disiapkan dinasnya termasuk pembuatan masker bagi masyarkat dalam masa pandemi covid-19. Selain memberikan pekerjaan masker bagi para pengusaha UMKM di daerah ini, dari hasil tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga.

“Saat ini sudah ada 15 kelompok yang tersebar di beberapa tempat sedang bekerja tetapi juga secara individu yang dapat membuat masker dalam jumlah banyak akan diakomodir dalam program kami,” ujar Parson, di ruang media center Tim Gugus Tugas Kabupaten Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (15/4/2020).

Menurut Parson, masker yang telah dibuat akan diserahkan ke Dinas Koperasi dan UMKM dan dilanjutkan kepada Tim Gugus Tugas untuk dapat didistribusikan kepada masyarakat. Sementara 2.160 masker telah diberikan kepada Tim Gugus Tugas dan telah diserahkan kepada Distrik Sentani untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Selain dibagikan oleh Tim Gugus Tugas, kalau jumlah yang banyak akan kami bagikan di jalan protokol kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker,” katanya.

Loading...
;

Lanjut Parson, untuk program ini pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UMKM mengalokasikan dana sebesar Rp1,2 miliar. Ada dua pos anggaran yang digunakan juga dalam pembuatan masker. Selain pemerintah daerah ada juga dari Alokasi Dana Kampung (ADK) di masing-masing kampung. Sementara saat ini setiap kelompok terdiri dari 10-15 anggota dan pembuatan masker per biji bervariasi harganya.

“Dari jumlah jiwa di Kabupaten Jayapura, maka dukungan kami ditambah dengan yang dibuat oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan sebanyak 500 ribu sudah dapat mengakomodir sebagian besar masyarakat di daerah ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2A) Kabupaten Jayapura menyediakan masker sebanyak 540 ribu, yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Kita mulai dari kampung terdekat dengan jalan protokol untuk tahap pertama sebanyak 7.000 pcs, lalu pekan yang akan datang kita bergerak hingga ke pelosok yang terjauh,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top