HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Liburan Natal tahun baru, penumpang pesawat di Wamena turun dibanding tahun lalu

Suasana di dalam terminal keberangkatan Bandara Wamena-Jubi/Islami.
Liburan Natal tahun baru, penumpang pesawat di Wamena turun dibanding tahun lalu 1 i Papua
Suasana di dalam terminal keberangkatan Bandara Wamena-Jubi/Islami.

“Kenaikan penumpang jelang libur Natal tahun ini memang ada, tetapi jika dibandingkan tahun lalu, meski kenaikan penumpang sudah terjadi per 1 Desember 2019,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Penumpang pesawat lewat Bandar Udara (Bandara) Wamena pada musim libur Natal dan tahun baru 2019  ini cenderung menurun dibanding pada libur Natal 2018 . meski diakui kenaikan hanya terjadi jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada hari biasa.

Liburan Natal tahun baru, penumpang pesawat di Wamena turun dibanding tahun lalu 2 i Papua

“Kenaikan penumpang jelang libur Natal tahun ini memang ada, tetapi jika dibandingkan tahun lalu, meski kenaikan penumpang sudah terjadi per 1 Desember 2019,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Joko Harjani, Rabu (11/12/2019).

Baca juga :Penumpang pesawat dan kapal naik drastis jelang Natal

Bupati Usman Wanimbo menghimbau ASN tidak menambah libur natal dan tahun baru

Natal dan Tahun Baru, ini persiapan perusahaan penerbangan dan pelayaran di Papua

Loading...
;

Meski penumpang jelang Natal dan tahun baru tak sebanyak tahun, namunUPBU Wamena tetap mempersiapkan pelayanan, baik dari segi fasilitas Bandara kaitanya dengan keselamatan penerbangan, hingga pada pelayanan di terminal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Pelayanan seperti runway, apron dan lain-lain terus dilakukan agar benar-benar safety untuk digunakan take off dan landing oleh pesawat.

“Di terminal juga kami meningkatkan pelayanan dan petugas keamanan dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Joko menambahkan.

Sedangkan jam operasional juga akan ditambah dari biasanya dimulai pukul 06.00 WP hingga 16.00 WP, menjadi pukul 17.00 WP. Selain itu UPBU Wamena juga telah menyampaikan kepada setiap operator penerbangan agar tidak menjual tiket melebihi batas atas sesuai ketentuan, Joko menjamin akan melakukan pemberantasan calo tiket seandainya mulai beroperasi lagi.

Ia mengaku sudah menyampaikan ke petugas di lapangan dan operator agar mengawasi anggotanya masing-masing. “Jangan sampai ada oknum dari perhubungan atau operator yang coba-coba bermain menjadi calo tiket,” katanya.

Kepala Trigana Air Wamena, Maikel Biduri mengatakan sejak pekan lalu telah mengajukan ekstra flight untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur natal dan tahun baru nanti. “Sebelumnya empat kali terbang dalam sehari, kali ini lima kali di luar jadwal penerbangan ke Timika,” kata Biduri

Menurut dia, biasanya penerbangan ke Timika cuma empat kali di luar Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sedangkan untuk ekstra flight Wamena-Jayapura tiap hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu. Trigana Air masih menggunakan pesawat jenis ATR, karena hingga kini penumpang Wamena-Jayapura maupun Wamena-Timika belum banyak.

“Memang ada wacana untuk rute Wamena-Sentani akan gunakan lagi pesawat jenis boeing, tetapi belum terealisasi,” katanya.

Biduri mengakui lonjakan penumpang tahun ini tidak terlalu banyak seperti tahun lalu. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top