Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Lima calon fasilitator Desa Tangguh Bencana tes wawancara

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Nabire Jubi – Lima dari delapan calon fasilitator Penanggulangan Desa Bencana hari ini, Selasa (23/5/2017) lolos tes seleksi tes seleksi wawancara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nabire Blasisus Nuhuyanan mengatakan penerimaan calon fasilitator penanggulangan Desa Bencana ini merupakan program dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI melalui bidang pemberdayaan masyarakat tahun 2017. Tahun ini Nabire mendapatkan jatah lima orang.

Lima calon fasilitator Desa Tangguh Bencana tes wawancara 1 i Papua

Kata Nuhuyanan, pendaftaran fasilitator sejak 4 hingga 8 Mei lalu secara online. “Setiap  calon fasilitatir yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lainnya ada delapan orang. Sebelum wawancara terlebih dahulu mereka seleksi administrasi,” katanya.

Kedelapan orang tersebut, dua dari Jayapura, satu dari Timika, satu dari Kudus dan empat dari Nabire.

“Tiga orang tidak mengikuti tes wawancara, mungkin karena jauh yaitu yang dari Kudus dan Jayapura. Sebab tes ini tidak beban biaya tidak dibebankan ke BNPB. Nanti kalau sudah pelatihan baru dibiayai oleh BNPD,” jelasnya.

Lanjutnya, dari lima orang tersebut akan direkrut dua orang untuk menjadi fasilitator dari empat desa Nabire.

Loading...
;

“Tugas fasilitator ini adalah berada selalu di tengah desa, mendampingi masyarakat serta memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk menghadapi dan mengatasi bencana. Minimal masyarakat sudah bisa menolong diri sendiri sebelum datang bantuan daru luar,” tuturnya

Di tempat yang sama penanggung jawab seleksi, Yahya mengatakan hasil seleksi nantinya calon tersebut akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan tentang fasilitator desa bencana.

“Mereka akan bertugas hingga Oktober nanti. Mereka akan memberikan pemahaman dan pendampingan tentang bagaimana menghadapi bencana bila terjadi sewaktu-waktu ,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top