Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Lima suku di Kabupaten Keerom punah

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Keerom, Jubi – Dewan Adat Skamto, Arso,Kabupaten Keerom, Provinsi Papua menyebutkan lima suku di kabupaten tersebut punah.

Ketua Dewat Adat Skamto, Didimus Warare, di Keerom, Selasa (29/8/2018), mengemukakan lima suku yang sudah punah di Keerom yakni suku Yaper, suku Bagi, suku Tu, suku Totar, dan suku Tagusom.

Lima suku di Kabupaten Keerom punah 1 i Papua

Lanjut dia, terpaksa warisan suku Yaper, suku Bagi, suku Tu, suku Totar, dikembalikan ke satu ikatan kampung Kimbramoro.

"Keluarga Kimbramoro di Kampung Kimbramoro yang ambil marga itu lalu dia lihat siapa yang dekat dengan suku itu pake marga ini," katanya.

Dia mengatakan banyak marga di Keerom juga terancam punah, warisan marganya terpaksa dipakai oleh suku yang ada hubungan dekat dengan suku yang punah tersebut.

"Misalnya di Skamto, suku Tagusom sudah punah, terpaksa suku Orare di Waris menerima Tagusom atau memakai marga tersebut, karena hubungan dekat dengan Tagusom," ujarnya.

Loading...
;

Selain suku, kata dia, bahasa asli Keerom juga terancam punah karena pengaruh lingkungan.

"Kami selaku orang tua selalu tekankan kepada keluarga agar selalu mengajarkan anaknya dengan bahasa daerah," tambah dia. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top