Follow our news chanel

Lima tahun ke depan batas terakhir pemerintahan kampung dinas

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Lima tahun ke depan adalah batas akhir pemerintahan kampung dinas. Selanjutnya, semua kampung di Kabupaten Jayapura akan berubah berstatus menjadi kampung adat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Selasa (16/10/2018). 

Menurutnya, Kabupaten Jayapura saat ini dibangun atas jati diri masyarakat adat. Oleh sebab itu pemerintahan di setiap kampung harus dipimpin secara adat. 

“Jumat pekan kemarin saya telah melantik empat kepala kampung di daerah Grimenawa. Hal ini sudah saya sampaikan kepada mereka bahwa semua kampung yang non-transmigrasi, untuk lima tahun ke depan diubah statusnya dari kampung dinas menjadi kampung adat,” ujarnya. 

Tahun depan, kata Bupati Awoitauw, semua pengurusan terkait pelayanan pemerintahan dan publik akan diturunkan langsung ke distrik. Oleh sebab itu, dalam pelayanan tersebut setiap kampung adat maupun kampung dinas juga menjadi tanggung jawab pemerintah distrik. 

“Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakatnya, sebagai pelayan, tetapi juga sebagai pemberi jawaban bagi setiap persoalan yang dihadapi omasyarakatnya,” ungkap bupati.

Loading...
;

Pemerhati masyarakat adat di daerah ini, Edi Ohoiwutun, menilai sistem pemerintahan adat sangat tepat bagi masyarakat yang ada di kampung-kampung. Hal ini berkaitan dengan semua potensi sumber daya alam yang dimiliki.

“Masyarakat adat beberapa waktu lalu seperti mengalami pembiaran yang begitu lama oleh pemerintah daerah. Kebijakan Bupati Jayapura saat ini sangat tepat, sehingga masyarakat adat tidak lagi hanya menjadi obyek tetapi menjadi subyek pembangunan,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top