Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

LIPI: Budidaya teh di Jayawijaya masih dalam kajian

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Pendamping Kebun Raya Biologi Wamena dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wamena, Ar. Soekarno menjelaskan, upaya dan rencana budidaya perkebunan teh di Kabupaten Jayawijaya dan di pegunungan tengah Papua masih dalam kajian dan penelitian.

“Kalau untuk budi daya kebun teh di daerah pegunungan tengah ini, kami akan mengkaji dahulu dan menelitinya, apakah sudah layak atau belum,” ungkap Soekarno kepada wartawan di Kantor LIPI Wamena akhir pekan lalu.

Menurutnya, jika dilihat dari suhu dan cuaca di daerah pegunungan tengah Papua ini bisa dikatakan sudah pas karena dingin, namun yang menjadi persoalan ialah struktur tanah dan curah hujan yang sering tidak teratur.

Dikatakan, untuk struktur tanah yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan daerah pegunungan tengah ialah tanah liat, sedangkan untuk tanaman teh, dibutuhkan tanah gembur.

“Kita tahu bersama, tanah di pegunungan tengah ini bagus, namun ada beberapa tanaman yang belum tentu cocok jika ditanam di sini,” jelas Soekarno.

Sementara Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Wamena, Seplin P menjelaskan, terkait tanaman teh di wilayah pegunungan tengah, pihaknya dari institusi akademik Stiper Wamena akan melakukan kajian dan penelitian bersama LIPI Wamena.

Loading...
;

“Untuk budidaya tanaman teh ini memang kita belum coba, tetapi akan dilakukan kajian dan penelitian dahulu baru kita bisa memastikan apakah layak ditanam disini atau tidak,” kata Seplin. (*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top