HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Litbangkes Papua akan periksa spesimen COVID-19 mulai pekan depan

Ilustrasi, virus Corona - Jubi/Tirto.ID
Ilustrasi, virus Corona – Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Litbangkes Papua akan mulai melakukan pemeriksaan spesimen Pasien Dalam Pengawasan COVID-19 di wilayah Papua dan Papua Barat mulai pekan depan. Hal itu dinyatakan Kepala Litbangkes Papua, dr Antonius Oktavian M Kes pada Rabu (18/3/2020).

Dr Antonius Oktavian M Kes mengatakan saat ini pihaknya sudah memiliki reagen untuk melakukan pengujian spesimen Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19. Reagen yang telah tersedia itu diperkirakan cukup untuk memeriksa 100 spesimen PDP Corona. Litbangkes Papua juga akan menerima tambahan reagen Corona yang dijadwalkan tiba pada Kamis (19/3/2020).

Antonius menyatakan pemeriksaan spesimen PDP COVID-19 nantinya akan dilakukan oleh staf Litbangkes Papua. “Tidak ada staf dari Jakarta. Staf Balai Litbangkes Papua sudah dilatih untuk melakukan pemeriksaan COVID-19. Staf Litbangkes Papua dan 12 laboratorium jejaring lainnya sudah dilatih di Jakarta untuk melakukan pemeriksaan,” katanya.

Sesuai protokol pemeriksaan yang ditentukan Menteri Kesehatan, Antonius menyatakan semua spesimen PDP COVID-19 akan dibagi dua. Satu bagian diperiksa di Papua, dan satu bagian lainnya dikirimkan ke Jakarta, sebagai laboratorium rujukan. “Kalau hasilnya positif hanya 1 pintu, Kemenkes yang bisa umumkan. Kalau negatif boleh diumumkan oleh Jubir provinsi,” kata Antonius menjelaskan protokol itu.

Antonius menjelaskan dalam kasus COVID-19 pihaknya hanya diberi mandat untuk memeriksa spesimen Corona di Tanah Papua. “ Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan, tugas kami di Provinsi Papua dan Papua Barat. Namun kalau transportasi di daerah Papua Barat lebih mudah ke Jakarta, diperbolehkan kirim ke Jakarta langsung. Yang penting cepat diperiksa,” katanya.

Untuk pendanaannya, Balai Litbangkes Papua bekerja dengan pembiayaan Kemenkes. “Tapi kita sudah diminta mengajukan permintaan dana kepada Pemerintah Provinsi Papua. Sebagian bahan kami dapat bantuan dari Laboratorium Kesehatan Daerah Papua, seperti masker N95. Kita [akan bekerja] bersama-sama Laboratorium Kesehatan Daerah Papua, berarti [akan] ada dana Dinas Kesehatan Papua juga,” katanya.

Loading...
;

Antonius menyatakan Dinas Kesehatan Papua akan banyak membantu kerja Litbangkes Papua selaku Laboratorium Pemeriksa Corona. “[Dinas Kesehatan Papua] responsif sekali. [Sejak] kemarin-kemarinn sudah bertanya apa kebutuhan kami. Cuma, karena ini pandemi, semua bahan [yang dibutuhkan dari luar], ya kosong. Tapi, [Dinas Kesehatan Papua] sudah pesan juga,” ujar Antonius.

Secara terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Papua, Dr Silwanus Sumule membenarkan bahwa para staf Laboratorium Kesehatan Daerah Papua akan membantu Litbangkes Papua menjalankan tugasnya sebagai Laboratorium Pemeriksa COVID-19. Hal itu dinyatakan Sumule di Jayapura, Rabu (18/3/2020).

“Kepala Balai Litbangkes sudah membawa sejumlah material dan alat yang memungkinkan kita bisa memeriksa [spesimen PDP Corona dan Pasien Terduga Corona] di sini. Semua tenaga di Labkesda akan digunakan. Dibutuhkan [waktu] tiga sampai enam jam untuk mendapatkan hasil tes,” kata Sumule.

Sumule berharap penunjukan Balai Litbangkes Papua akan mempercepat pemberitahuan hasil tes positif Corona kepada rumah sakit maupun Dinas Kesehatan di Papua. “Anda bisa bayangkan teman-teman [tenaga medis] kita yang ada di kamar, di dalam ruangan [perawatan pasien yang sedang spesimennya sedang diperiksa di laboratorium]. Menunggu itu stress. Tapi begitu dikatakan negatif, mereka semua langsung lega. Untuk apa di tunda-tunda! Tapi [sebaliknya], kalau positif, cepat diberitahukan, agar segera diisolasi mereka.” kata Sumule.(*)

Jurnalis Jubi, Jean Bisay, turut berkontribusi dalam pemberitaan ini. 

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa