Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lokasi strategis, area parkir DPR Papua ditargetkan sumbang PAD

Area parkiran DPR Papua yang sedang dalam proses pembangunan. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua, Julia Waromi menyatakan area parkir yang sedang dibangun di belakang gedung DPR Papua ditargetkan untuk menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Jika telah jadi, area parkir yang berada di lokasi strategis tengah Kota Jayapura itu dapat menampung 500 kendaraan roda empat.

Julia Waromi mengatakan area parkir DPR Papua itu akan terdiri dari dua lantai. Lantai bawah yang akan difungsikan untuk area parkir yang dapat menampung 500 kendaraan roda empat.

Menurut Waromi, area parkir itu tidak hanya diperuntukkan bagi para anggota DPR Papua, staf sekretariat DPR Papua dan tamu. Area parkir itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat umum. Akan tetapi, warga yang ingin memarkir kendaraan di sana mesti membayar retribusi yang nominalnya akan ditentukan Sekretariat DPR Papua.

“Misalnya ada kegiatan di sekitar Taman Imbi dan tak ada tempat parkir, bisa parkir di area parkir DPR Papua. Tapi bayar. Berapa tarifnya dan bagaimana perhitungannya, nanti akan kami atur,” kata Waromi pada Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya, retribusi parkir itu nantinya akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Papua. “Karena waktu itu saya minta [Pemerintah] Kota [Jayapura] buat MoU, mereka tidak mau,” kata Waromi.

Area parkir DPR Papua nantinya akan menerapkan sistem pembayaran non tunai. Warga yang ingin menggunakan area parkir itu mesti memiliki kartu parkir, dan terlebih dahulu mengisi saldo kartu itu. Pengguna kendaraan yang akan parkir di area parkir DPR Papua harus terlebih menggesek kartu parkir miliknya di pintu masuk.

Loading...
;

“Sistem pakai kartu seperti kartu tol itu. Kalau ada yang mau masuk, tinggal gesek kartunya dan retribusinya langsung terpotong. Masuk dalam sistem di Bank Papua. Nanti akan dibuat seperti itu,” ujarnya.

Ia berharap penerapan tarif untuk warga yang ingin menggunakan area parkir DPR Papua tidak akan diprotes. “Saya tidak mau dengar itu. Justru karena dibangun dengan uang negara, mesti ada kontribusi untuk pendapatan negara atau daerah. Kita mesti memanfaatkan potensi PAD yang ada,” ucapnya.

Menurut Waromi, lantai 2 area parkir itu juga dapat disewakan untuk para pihak yang ingin menggelar acara di sana. “Kalau ada yang mau sewa lantai 2 area parkir DPR Papua, misalnya untuk ibadah dan lainnya, bisa. Dengan begitu pembangunan infrastruktur di DPR Papua akan berkontribusi menyumbang PAD,” katanya.

Belum lama ini Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan pembangunan area parkir DPR Papua menelan anggaran sekitar Rp25 miliar. Saat pembangunan tahap awal pada 2019 lalu telah dianggarkan sekitar Rp 11 miliar. “Area parkir itu juga bisa dimanfaatkan saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua mendatang,” kata Yunus Wonda.

Wonda berharap, area parkir DPR Papua yang berada di tengah Kota Jayapura juga dapat mengurangi kemacetan di tengah kota. Selama ini, kemacetan selalu terjadi jika ada perhelatan digelar di sekitar Taman Imbi, karena banyak kendaraan roda empat diparkir di badan jalan.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top