Follow our news chanel

Lomba Dayung kreasi angkat potensi wisata Papua Barat

Papua
Lomba dayung kreasi di Teluk Sawaibu Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Manokwari, Papua Barat mengangkat kembali dayung perahu tradisional sebagai salah satu potensi wisata perairan, melalui kegiatan lomba dayung kreasi khusus pemuda asli Papua di pesisir kota Manokwari (Teluk Sawaibu).

I Gede Wiradana, Kepala Disparpora kabupaten Manokwari, mengatakan lomba dayung kreasi melibatkan pemuda asli Papua, merupakan upaya Pemerintah dalam menjaga [dayung] sebagai salah satu nilai budaya orang Papua di pesisir pantai.

“Kita punya potensi, baik laut [Teluk Sawaibu] dan juga anak muda Papua yang hebat dalam mendayung perahu. Jadi lomba ini kita gelar perdana sebagai pemantik daya tarik wisata perairan di Manokwari,” kata Wiradana, Kamis (29/10/2020).

Lomba Dayung kreasi angkat potensi wisata Papua Barat 1 i Papua
Lomba dayung kreasi di Teluk Sawaibu Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Wiradana mengakui, bahwa dayung kreasi akan diprogramkan sebagai agenda rutin tahunan Disparpora Manokwari, dipadukan dengan tari ular [tumbu tanah] dan kuliner khas Manokwari pada momen-momen bersejarah, seperti HUT Pekabaran Injil pada 5 Februari, maupun pada hajatan HUT kota Manokwari.

“Jadi lomba dayung kreasi ini, kami laksanakan untuk menyambut HUT kota Manokwari ke 122 tepatnya pada 8 November 2020 nanti,” katanya.

Sementara, Yan Agus Rumbewas, penanggung jawab lomba dayung kreasi, mengatakan bahwa 6 (enam) regu dayung kreasi tampil sebagai juara satu hingga juara harapan ke 3 (tiga), dari 27 regu dayung yang terlibat dalam lomba tersebut.

“Kalah atau menang dalam lomba dayung kreasi anak muda Papua di Manokwari ini bukan akhir, tapi menjadi motivasi bagi anak muda Papua dalam menjaga budaya dayung yang sudah menjadi tradisi orang Papua di pesisir pantai sebagai sarana transportasi juga sarana mencari nafkah,” ujar Rumbewas.

Loading...
;

Dia juga berterima kasih kepada Disparpora Manokwari, yang telah menginisiasi agenda tersebut dan merangkul klub olahraga perairan di Papua Barat. Karena, sebut Rumbewas, di dalam dayung terdapat dua potensi yaitu budaya dan olahraga.

“Meski lomba dayung ini bersifat wisata/kreasi, tapi bisa mendorong potensi anak muda kita di Manokwari dalam menjaga budaya dayung, sekaligus kembangkan olahraga perairan,” kata Rumbewas. (*).

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top