LP3BH Dukung Langkah PM Sogavare

( Direktur (LP3BH ) manokwari Yancristia Warinusi, Foto Nees , Jubi )

( Direktur (LP3BH ) manokwari Yancristia Warinusi, Foto Nees , Jubi )

Sorong, Jubi – Langkah Perdana Menteri Kepulaun Solomon (Solomon Island), Mennaseh Sogavare yang hendak melakukan langkah hukum dan politik dalam mendukung perjuangan Papua Barat (West Papua) menentuan nasib sendiri pada proses di Komite 24 atau lazim dikenal dengan sebutan Komite Dekolonisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) adalah sebuah langkah yang patut mendapat dukungan dari semua komponen rakyat Papua.

 

Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari Yan Christian Warinussy saat ditemui Jubi, Minggu (20/9/2015) mengatakan langkah PM Sogavare tersebut patut diapresiasi dan didukung, karena dari sisi hukum dan politik merupakan sebuah langkah yang demokratis dan sangat menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia serta sejalan dengan Hukum Organisasi Internasional atau Hukum Perserikatan Bangsa Bangsa/PBB (United Nations Law).

 

“Hal tersebut sangat sejalan dengan amanat pasal 3 dari Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Adat (United Nations Declaration on the Rights of Indigenous Peoples), yang berbunyi …Masyarakat Adat berhak untuk menentukan nasib sendiri. Atas berkat hak itu, mereka berhak untuk menentukan status politik mereka dan secara bebas memacu pengembanganekonomi, sosial dan budaya mereka,” ujar Warinussy.

Loading...
;

 

Sejalan dengan amanat pasal 4 dari deklarasi itu yang mengatakan masyarakat adat dalam melaksanakan hak menentukan nasib sendiri mereka, berhak untuk otonom atau berpemerintahan sendiri dalam hal-hal yang terkait dengan urusan-urusan ke dalam dan lokal mereka, sekaligus juga jalan dan cara untuk mendanai fungsi-fungsi ekonomi mereka…”

 

Perdana Menteri Sogavare dan pemerintahnya akan menyelenggarakan konferensi besar untuk organisasi masyarakat sipil (civil society organization) dan pemangku kepentingan (stake holder) pemerintah pada bulan November 2015 atau awal tahun 2016 untuk mendukung perjuangan Papua Barat (West Papua) menentukan nasib sendiri.

 

Langkah-langkah politik Sogavare dan Negara Kepulauan berpenduduk rumpun Ras Melanesia sama dengan Orang Asli Papua (OAP) di Tanah Papua tersebut sudah makin kuat mendapat dukungan politik dari negara-negara Persaudaraan Ujung Tombak Melanesia (Melanesian Spearhead Group/MSG) yang telah menerima sebuah organisasi payung bagi faksi perjuangan politik di Papua Barat (West Papua) yaitu United Liberation Movement for West Papua/ULMWP sebagai anggota peninjau pada MSG.

 

Dengan diterimanya isu pelanggaran hak asasi manusia yang berat (human rights violation) yang telah berlangsung lebih dari 50 tahun dan menimpa Orang Asli Papua (OAP) sebagai korbannya akibat tindakan aparat militer dan polisi di daerah ini sebagai salah satu dari lima isu utama dalam komunike dari para pemimpin negara-negara Kepulauan Pasifik (Pacific Island Forum/PIF) awal September 2015 lalu.

 

“Dengan demikian maka langkah hukum tentu dapat menjadi alternatif yang dapat dipilih untuk digunakan oleh MSG maupun PIF dalam mendorong langkah-langkah penyelesaian masalah pelanggaran hak asasi manusia di Tanah Papua yang sudah berlangsung lebih dari 50 tahun, tapi tidak pernah diselesaikan menurut prosedur hukum yang berlaku di Indonesia,” ujar Warinussy.

 

Sementara Pengamat Politik Luar negeri Raman Johar mengatakan pilihan penyelesaian menurut mekanisme hukum nasional bahkan internasional kini makin terbuka sejalan dengan situasi terkini dimana, persoalan hak asasi manusia sudah menjadi isu MSG, PIF, regional bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi isu internasional dalam waktu dekat di tingkat PBB.

 

“Inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk dapat mengatakan penyelesaian persoalan pelanggaran hak asasi manusia dan kekerasan yang berbuah konflik selama ini di Tanah Papua melalui jalan damai dengan cara dialog mungkin sudah relevan untuk dibawa dan diselenggarakan dalam ruang regional di MSG atau PIF bahkan ruang internasional,” pungkasnya. (Niko MB)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top