Follow our news chanel

Lukas Enembe: Pemilu di Papua tidak boleh ada gangguan

Lukas Enembe: Pemilu di Papua tidak boleh ada gangguan 1 i Papua
Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengimbau seluruh kepala daerah di 29 kabupaten/kota setempat, untuk memastikan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif berjalan tanpa ada gangguan keamanan.

“Ini tugas bupati dan wali kota, tidak boleh ada gangguan dalam pelaksanaan Pemilu di Papua,” kata Enembe, di Jayapura kemarin.

Meskipun pihak TNI/Polri sudah memetakan daerah-daerah mana saja yang rawan, namun dalam hal Pemilu Presiden suara Papua sudah jelas untuk siapa.

“Silahkan jalani pemilu ini dengan damai, tidak usah kepala daerah aneh-aneh banyak,” ujarnya.

“Intinya, pelaksanaan agenda nasional di Papua harus berjalan dengan aman dan damai, karena ini tugas pemerintah daerah dan jajarannya,” sambungnya.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Martuani Sormin, mengatakan personil yang akan disiapkan untuk mengamankan jalannya Pemilu di Papua sebanyak 11 ribu personil, yang mana Polri berjumlah 7.500 orang, sedangkan Kodam XVII Cenderawasih 3.500.

“Soal BKO sudah ada, baik Satgas Bimas Noken maupun Nemangkawi. Mereka ada di sini untuk bantu kami, tapi yang secara langsung terlibat pengamanan 11 ribu, namun bisa saja setiap saat bertambah,” kata Martuani

Loading...
;

Sementara Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, mengatakan TNI/Polri sudah memiliki sistem bagaimana mengamankan Pemilu Presiden dan Legislatif.

Soal personil, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak yang diminta, namun juga sudah menyiapkan anggota lebih dari pada itu.

“TNI kan ada darat, laut dan udara, sehingga yang namanya anggota cadangan pasti ada. Tinggal menunggu Polri atau Pemda mintanya berapa kami siapkan,” ucapnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top