Magai-Ismail unggul di Pilkada Nabire

Papua
Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Nabire, Kamis malam (17/12/2020) - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Nabire menetapkan Mesak Magai-Ismail Djamaludin sebagai peraih suara terbanyak pada Pilkada 2020. Kandidat yang diusung Koalisi PDIP, PPP, dan PKPI tersebut meraup kurang lebih 61.700 dukungan atau 36,44% dari sekitar 169 ribu suara sah.

Dukungan terhadap Magai-Ismail hanya terpaut 0,18% dari perolehan Yufenia Mote-Muhamad Darwis, yang mendulang sekitar 61.400 atau 36,26% suara sah. Adapun di posisi ketiga ditempati Franciscus X Mote-Tobroni M Cahaya, dengan raihan 46.200 atau 27,29% suara sah.

Penetapan hasil akhir Pilkada Nabire diputuskan pada rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, yang berakhir pada Kamis malam (17/12/2020). Penetapan tersebut dibayangi aksi protes dari kubu Mote-Darwis.

“Kita sudah sama-sama mengetahui pasangan calon yang unggul (peraih suara terbanyak). Jika ada yang merasa dirugikan, dipersilahkan mengajukan (gugatan) ke Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Ketua KPU Nabire Wilhemus Degei.

Dia menegaskan mereka telah melaksanakan seluruh tahapan pilkada sesuai regulasi dan amanat konstitusi. Itu termasuk penerapan ikat suara atau sistem perwakilan pemilih di Distrik Dipa, dan Menou, yang diprotes kubu Mote-Darwis.

“Sistem itu sudah diterapkan saat pilkada pada lima tahun lalu. Kenapa sekarang diprotes?,” tegas Degei.

Saksi Tim Magai-Ismail, Gunawan Inggeruhi juga mengaku heran atas keberatan terhadap sistem ikat suara di Dipa dan Menou. Namun, mereka menyatakan siap meladeni apabila perkara itu sampai digugat ke MK.

Loading...
;

“Kami merasa itu lucu karena sistem ikat suara juga diterapkan pada pilkada sebelumnya. Namun, kami siap jika itu (kesahihan penerapannya) disidangkan di MK,” kata Inggeruhi. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top