Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Mahasiswa Anim Ha tolak calon Non-Papua di pilkada

Papua
Ilustrasi penghitungan suara pilkada di Papua. - dok. Jubi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Komunitas mahasiswa Anim Ha di Sulawesi Utara menyerukan penolakan terhadap calon dari kalangan Non-Papua pada pilkada di empat kabupaten di Papua. Partai politik dan Komisi Pemilihan Umum setempat seharusnya mengonsultasikan pencalonan kepala daerah kepada Majelis Rakyat Papua.

“Kami menolak pencalonan orang Non-Papua pada pilkada, 20 Desember mendatang. Jangan merampas hak kesulungan kami dalam pilkada,” kata Koordinator Mahasiswa Anim Ha di Sulawesi Selatan Dominikus Cambu melalui pernyataan tertulis yang diterima Jubi, kemarin.

Para mahasiswa asal Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi tersebut menyatakan keutamaan pencalonan Orang Asli Papua (OAP) dalam pilkada termaktub dalam UU Otonomi Khusus Papua. Pada Pasal 28 ayat 3 dan 4 disebutkan calon kepala daerah di Papua harus OAP.

Mahasiswa Anim Ha tolak calon Non-Papua di pilkada 1 i Papua

“Kami juga meminta para elit lokal tidak mengadu domba masyarakat, tetapi mendukung (pencalonan) OAP dalam pilkada. Kepada figur Non-Papua, kami harap dengan kesadaran (pribadi) mengundurkan diri dalam pencalonan,” kata Cambu.

Para mahasiswa mengingatkan para pemangku kepentingan serius memerhatikan tuntutan mereka. Jika aspirasi itu tidak diindahkan, mereka mengancam mengerahkan massa ke KPU setempat pada saat masa pendaftaran calon kepala daerah, 28 Agustus hingga 3 September nanti.

Mahasiswa asal Asmat Hendrikus Bindiw menambahkan pernyataan mereka merupakan bentuk protes terhadap pencalonan Non-Papua pada pilkada di wilayah adat Anim Ha. “Kami akan berdemonstrasi jika  tuntutan ini tak digubris oleh partai politik.” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top